Ini Pertanyaan yang Sering Muncul tentang Sekolah Kedinasan STAN dan Jawabannya

Info Kampus  
Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)  menyediakan 750 kuota mahasiswa baru tahun 2022. Foto : stan
Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menyediakan 750 kuota mahasiswa baru tahun 2022. Foto : stan

Kampus—Pendaftaran masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) atau STAN sudah ditutup pada Sabtu 30 April 2022 pukul 23.00 WIB. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat pendaftar STAN mencapai 22.895 orang sampai Kamis, 28 April 2022 pukul 15.55 WIB .

Kuota STAN pada tahun 2022 adalah sebanyak 750 orang. Terdiri dari 700 orang program reguer dan 50 orang program afirmasi.

Saat ini seleksi masuk STAN memasuki tahap seleksi administrasi. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 24 Juni 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Banyak pertanyaan yang muncul seputar kampus STAN. Berikut adalah sejumlah pertanyaan tentang STAN dan jawabannya dari pihak STAN.

Apa itu Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN ?

PKN STAN adalah perguruan tinggi di Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara.

Terdapat berapa Program Studi di PKN STAN ?

Mulai tahun 2021 PKN STAN memiliki 3 (tiga) Program Studi, yaitu Program Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Program Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, Program Diploma IV Manajemen Aset Publik.

Di mana lokasi pendidikan PKN STAN ?

Program pendidikan PKN STAN diselenggarakan di Kampus Ali Wardhana, Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten. Balai Diklat Keuangan (BDK) yang berlokasi di daerah tidak lagi dijadikan lokasi pendidikan sejak tahun 2017.

Apakah PKN STAN memiliki jenjang pendidikan strata satu ?

Karena PKN STAN merupakan perguruan tinggi vokasi, maka program studi yang diselenggarakan berupa program diploma. Program studi diploma empat setara dengan strata satu di mana lulusannya mendapatkan gelar sarjana sains terapan akuntansi (S.Tr.Ak.)

Apakah mahasiswa tidak perlu membayar biaya pendidikan di PKN STAN ?

Untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur program regular atau program afirmasi dari lulusan SMA atau sederajat, seluruh biaya pendidikan di PKN STAN dibebankan kepada APBN.

Apakah ada fasilitas asrama untuk mahasiswa PKN STAN ?

Penyelenggaraan pendidikan akan diasramakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN STAN.

Apakah setiap mahasiswa akan diberikan uang saku selama menempuh pendidikan di PKN STAN ?

PKN STAN tidak memberikan uang saku kepada mahasiswa selama Pendidikan

Bagaimana dengan sistem drop out di PKN STAN ?

PKN STAN menerapkan sistem gugur/drop out. Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada setiap semester maka secara otomatis tidak berhak untuk mengikuti perkuliahan semester berikutnya. Setiap mahasiswa yang di-drop out tidak diperkenankan untuk mendaftar kembali di PKN STAN.

Apakah lulusan PKN STAN akan langsung diangkat menjadi CPNS ?

Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Program studi apa saja yang dapat dipilih pada SPMB PKN STAN 2022 ?

Pada SPMB PKN STAN 2022, dibuka 3 (tiga) program studi yaitu Program Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Program Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, Program Diploma IV Manajemen Aset Publik.

Apakah terdapat jalur undangan atau jalur prestasi dalam SPMB PKN STAN 2022 ?

PKN STAN hanya membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui rangkaian SPMB yang dilaksanakan satu kali per tahun. Tidak ada jalur undangan atau jalur prestasi yang dibuka.

Apa yang dimaksud dengan ADEM ?

ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah) merupakan program afirmasi khusus untuk penerimaan dari Papua dan Papua Barat. Pada tahun ini, Program Afirmasi PKN STAN terdiri atas:

1. Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat

2. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur

Berapa tahap seleksi yang diselenggarakan pada SPMB PKN STAN 2022 ?

Terdapat tiga tahap seleksi yang akan diikuti oleh peserta seleksi, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar, dan Seleksi Lanjutan.

Apa yang dimaksud dengan Seleksi Lanjutan ?

Seleksi Lanjutan adalah tahapan seleksi sesudah peserta dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar. Seleksi Lanjutan terdiri atas:

1. Seleksi Lanjutan I yaitu Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi

2. Seleksi Lanjutan II yaitu Tes Wawancara.

Baca juga :

Pendaftaran STAN 2022 Dibuka, Ini Kuota dan Syarat Lengkapnya

Mau Masuk STAN Tahun Ini ? Wajib Ikut UTBK 2022

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image