Ini Tips Lolos Beasiswa LPDP 2022 dari Penerima Beasiswa

Beasiswa  
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)membuka pendaftaran beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 mulai 4 Juli 2022 hingga 5 Agutus 2022. Foto : lpdp
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)membuka pendaftaran beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 mulai 4 Juli 2022 hingga 5 Agutus 2022. Foto : lpdp

Kampus—Calon peserta beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2022 Tahap 2 sudah bisa melakukan pendaftaran mulai 4 Juli 2022 hingga 5 Agutus 2022. Pendaftaran dilakukan melalui laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

Proses seleksi beasiswa LPDP 2022 meliputi Seleksi Administrasi, Seleksi Bakat Skolastik, dan Seleksi Substansi. Seleksi Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat bulan Januari 2023.

Tentu tidak mudah untuk bisa lolos mendapatkan beasiswa LPDP. Selain persyaratan yang ketat, persaingan juga sangat tinggi. Bagaimana tips agar lolos beasiswa LPDP ? Salah seorang penerima beasiswa LPDP, Mukhlish Jamal Musa, PhD (Cand) memberikan tipsnya. Berbicara dalam webinar Unesa Career Center (UCC) bertema “Be Ready To be The Next LPDP Awardee” pada Sabtu, (02/07/22) Mukhlish menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan calon peserta LPDP.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurutnya pertanyaan ‘mengapa studi lanjut’ merupakan pertanyaan kunci yang harus dijawab bagi yang hendak melakukan studi lanjut. Menurutnya ini merupakan bagian penting dari rencana studi agar bisa tepat sasaran dan sesuai harapan ke depan.

“Apakah kita mau lanjut kuliah itu karena agar karir lebih baik, gaji yang lebih baik, lebih berdampak, untuk status sosial, atau hanya untuk ikut-ikutan tren dan menunda adulthood. Ini penting, karena ada karir yang sebenarnya S-1 saja cukup. Karena itu perlu direncanakan matang,” jelas Mukhlish seperti dikutip unesa.ac.id.

Mengenai kapan studi lanjut dilakukan, ada beberapa alternatif yang ia ajukan. Bisa langsung setelah S-1, bisa cari pengalaman kerja terlebih dahulu baru lanjut, dan bisa juga mengambil gap year untuk persiapan. Kemudian, LPDP pun harus dipertimbangkan, apakah nilai LPDP selaras dengan nilai pribadi dan sesuai dengan rencana setelah lulus nanti.

“Dalam meng-apply beasiswa LPDP, ada beberapa harus yang harus diperhatikan bahkan dijawab seperti; niat kita, untuk apa kita lanjut studi, apa yang membedakan kita dengan peserta lain sehingga memang benar-benar layak menerima beasiswa LPDP,” terang Mukhlish yang melanjutnya studi di Oxford University dengan beasiswa LPDP itu.

Seoran calon jelas Mukhlish harus melihat dirinya sendiri di masa lalu, masa kini dan masa akan datang. “Bagian ini yang banyak terlupakan, padahal ini penting. Kita harus percaya diri untuk membuktikan diri,” jelasnya lagi.

Ketua Divisi Pengembangan Karir, UCC Brillian Rosy dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan webinar “Be Ready To be The Next LPDP Awardee” diikuti sebanyak 1.856 peserta baik dari mahasiswa, alumni maupun masyarakat umum. “Semoga ini bisa menjadi jalan untuk meraih cita-cita,” ucapnya.

Jadwal Kegiatan Beasiswa LPDP Tahap 2

• Pendaftaran Beasiswa 4 Juli - 5 Agustus 2022

• Seleksi Administrasi 8 - 19 Agustus 2022

• Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 22 Agustus 2022

• Seleksi Bakat Skolastik 29 Agustus - 10 September 2022

• Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik 15 September 2022

• Seleksi Substansi 26 September - 4 November 2022

• Pengumuman Hasil Seleksi Substansi 11 November 2022

Informasi seputar beasiswa LPDP dapat diperoleh melalui laman https://lpdp.kemenkeu.go.id/

Baca juga :

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 Dibuka Hari Ini, Simak Jadwal dan Cara Daftarnya

Pendaftaran Beasiswa LPDP Segera Dibuka, Ini Jadwal Lengkapnya

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Ini Beasiswa S-1 Dalam dan Luar Negeri, Deadline Juni Sampai Agustus 2022, Yuk Merapat

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image