Paling Banyak Peminat, 50 Peserta IISMA 2022 Berangkat ke Korea Selatan

Serba Serbi  
Sebanyak 50 mahasiswa Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) berangkat ke Korea Selatan, Kamis (18/08/22). Foto : dikti
Sebanyak 50 mahasiswa Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) berangkat ke Korea Selatan, Kamis (18/08/22). Foto : dikti

Kampus—Korea Selatan menjadi salah satu negara tujuan yang paling diminati mahasiswa yang mendaftar Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). IISMA melepas sejumlah 50 mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di Korea University, Kamis (18/08/22).

Dalam acara pelepasan ini turut hadir Ketua dan Wakil Ketua Program IISMA, Perwakilan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, serta orang tua awardee. Gogot Suharwoto selaku Atdikbud KBRI Seoul juga menyambut dengan hangat kedatangan para mahasiswa ke Korea Selatan.

Rachmat Sriwijaya selaku Ketua program IISMA dalam sambutannya berpesan kepada para awardee untuk selalu kompak dan saling mendukung satu sama lain. “Anda harus selalu kompak dan saling mendukung. Walaupun berasal dari latar belakang yang berbeda, namun sekarang kalian sudah menjadi keluarga besar IISMA di Korea University, dan besok akan menjadi keluarga besar IISMA Alumni Club,” paparnya seperti dikutip dari laman dikti.kemdikbud.go.id.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia meminta supaya para awardee menggunakan kesempatan istimewa ini untuk mempelajari hal-hal baik serta mempromosikan Indonesia ketika berada di Korea. Dia berharap melalui apa yang dipelajari di Korea, awardee dapat memberikan kontribusi bagi Indonesia.

 

Kepala Center for Independent Learning Universitas Indonesia F Astha Ekadiyanto mengungkapkan pentingnya pengalaman global. Korea paparnya merupakan negara maju dan Korea University juga berada pada posisi top 100 QS World University Ranking.

“Ini merupakan pengalaman yang menarik untuk bisa belajar dan menjalin networking,” ungkapnya.

Ia berharap para awardee bisa membawa pengaruh bagi universitas masing-masing sebagai penghubung dengan para profesor di sana.

IISMA merupakan program prestise yang memberikan kesempatan luar biasa bagi mahasiswa Indonesia. Hal ini diakui oleh Aser Rihi Tugu selaku perwakilan orang tua para awardee. “Kalian adalah bagian dari program terbaik. Tunjukkan pada kampus tujuan dan masyarakat Korea bahwa kalian adalah mahasiswa pilihan melalui perilaku jujur, tertib, disiplin, dan perilaku baik dalam relasi dengan orang-orang yang kalian temui. Buatlah orang tua dan bangsa Indonesia bangga,” pesannya.

Wakil Ketua Program IISMA Andi Rahardiyan Wijaya menekankan supaya para awardee saling mendukung dan melaksanakan program dengan penuh tanggung jawab. “Selain berangkat bersama pulang bersama, berangkat sehat fisik dan mental, pulang sehat fisik dan mental. Kalian adalah investasi negara. Kalian diharapkan kembali ke Indonesia dengan membawa perubahan mindset. Hal-hal yang baik dibawa dan ditularkan,” tuturnya.

Dari total 50 awardee yang berasal dari 22 perguruan tinggi di Indonesia, 45 di antaranya melakukan penerbangan pada 18 Agustus 2022 dan tiba di Korea pada 19 Agustus 2022. Sementara itu, lima awardee lainnya belum dapat berangkat bersama rombongan dikarenakan terpapar Covid-19.

Baca juga :

Unpad Berangkatkan 119 Peserta IISMA dan IISMA Vokasi ke Luar Negeri

26 Mahasiswa Vokasi UI Lolos IISMAVO 2022, Kuliah di Kampus Top Dunia

Tips Lolos IISMA dari IISMA Awardee, Jangan Takut Gagal

Ini Tips Agar Lolos IISMA dari Mahasiswa ITB

Tips Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2022 ke 65 Universitas Dunia dari Kemendikbud

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Djarum Beasiswa Plus 2022, Dapat Uang Saku dan Pelatihan Soft Skills

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran, melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image