ITB, Universitas Sampoerna, dan UGM Juara Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan NUDC 2022

Info Kampus  
  Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) tahun 2022 digelar secara berjenjang mulai tingkat wilayah hingga nasional. Foto : puspresnas  
Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) tahun 2022 digelar secara berjenjang mulai tingkat wilayah hingga nasional. Foto : puspresnas

Kampus— Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) tahun 2022 tingkat nasional digelar yang di kampus Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar 10 sampai 17 September 2022. Institut Teknologi Bandung (ITB), Universita Sampoerna, dan Universitas Gadjah Mada menjadi juara pertama di tiap kategori kompetisi.

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) dan tingkat Nasional diikuti oleh 180 Perguruan tinggi se-Indonesia dan terdiri dari 263 tim, 526 peserta, dan 263 juri institusi. Jumlah ini adalah yang telah berhasil lolos dari tahapan wilayah yang terdiri dari 1.788 peserta dan 894 tim.

Penutupan dan penganugerahan juara kepada peserta NUDC dan KDMI tingkat Nasional dihadiri secara daring oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti. Dalam acara penutupan NUDC KDMI, Suharti menyampaikan bahwa kompetisi debat seperti NUDC dan KDMI ini bisa menjadi bagian dari keseharian dalam proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan, karena kemampuan debat ini perlu diasah untuk membangun berargumentasi pro dan kontra atas suatu hal secara struktur dan kemampuan pihak lain atas argumentasi yang digunakan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kemampuan komunikasi dan kemampuan bernalar kritis juga sangat amat penting, apalagi juga dalam beragumentasi diperlukan fakta-fakta dan contoh-contoh untuk membangun setuju atau tidak setuju akan sesuatu. Kompetisi debat seperti ini mendorong untuk kemampuan lain menjadi SDM yang berkualitas,” ujar Suharti seperti dirilis laman puspresnas.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPTI sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi mengatakan, ajang talenta NUDC KDMI dapat meningkatkan bakat, prestasi serta nalar berfikir yang kritis mahasiswa di tingkat nasional dan terus berkarya serta berinovasi untuk memperluas keilmuan dan pengalaman kepada lingkungan disekitar.

”Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada Universitas Udayana yang telah bersedia dan bekerja sama dengan maksimal dalam terselenggaranya pelaksanaan NUDC KDMI tingkat wilayah dan tingkat Nasional tahun 2022,” kata Asep.

Penutupan pelaksanaan KDMI dan NUDC tingkat Nasional tahun 2022 diakhiri dengan penganugerahan juara KDMI dan NUDC tingkat nasional tahun 2022.

Berikutnya : Juara NUDC Tahun 2022

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image