Kerjasama dengan Kemenparekraf, Google Indonesia Sediakan 5.500 Beasiswa

Beasiswa  
Google Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kemitraan untuk Pengembangan Talenta Digital Kreatif. Foto : Google Indonesia  
Google Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kemitraan untuk Pengembangan Talenta Digital Kreatif. Foto : Google Indonesia

Kampus— Melalui program Google Career Certificates Google Indonesia akan menyediakan total 5.500 beasiswa bagi peserta pelatihan yang terdiri dari siswa, mahasiswa maupun umum. Google Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kemitraan untuk Pengembangan Talenta Digital Kreatif, yaitu program yang bertujuan mengembangkan dan meningkatkan nilai pelaku ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, mengatakan, “Program Pengembangan Talenta Digital Kreatif ini merupakan kelanjutan dari Baparekraf Developer Day (BDD) dan Baparekraf Digital Talent (BDT) yang sukses diadakan pada 2016-2021 lalu. Program ini memfasilitasi puluhan ribu pengembang aplikasi dan solusi digital. Program tersebut kata Sandiaga merupakan komitmen Kemenparekraf untuk mendukung pengembangan talenta Indonesia, sebagai upaya mengaktifkan kembali perekonomian di sektor digital dan kreatif.

“Untuk fase kedua ini kami menggandeng Google Indonesia yang memiliki praktisi ahli pada bidang teknologi dan kami yakin mampu menginspirasi dan mendorong para peserta untuk membuktikan potensi mereka yang luar biasa,” kata Sandiaga seperti dirilis blog Google Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Google Career Certificates merupakan program sertifikasi profesional yang dirancang dan dibangun oleh pakar materi pelajaran dan praktisi senior di Google. Setiap program sertifikat profesional telah dibuat untuk membekali pelajar dengan pengetahuan teoritis dan praktis serta keterampilan pemecahan masalah kehidupan nyata agar berhasil dalam pekerjaan tingkat awal.

Country Director Google Indonesia Randy Jusuf mengatakan sangat bangga dapat bermitra dengan Kemenparekraf/Baparekraf karena memiliki kesamaan misi yaitu untuk meningkatkan beragam potensi kreatif terutama terkait teknologi.

“Ada 5.500 beasiswa yang kami berikan ke Kemenparekraf yang meliputi 3.000 beasiswa Google Career Certificates untuk sertifikat IT Support dan sertifikat Analisis Data, 1.250 beasiswa Android Developer Dasar, dan 1.250 beasiswa Machine Learning Dasar,” papar Randy.

Pelatihan dimulai pada 7 Oktober 2022 hingga 12 Desember 2022. Peserta program akan diberikan materi kursus, tutorial, latihan, pembelajaran berbasis proyek berstandar global, serta dukungan dari mentor, fasilitator, dan forum diskusi online.

Sejak diperkenalkan pada Desember 2021, program Google Career Certificates telah memberikan ribuan beasiswa untuk mengasah skill dan belajar ilmu IT. Pada Maret 2022, Google mengumumkan dukungan 2.000 beasiswa IT Support Certificate untuk mahasiswa, dosen, dan staf terpilih Telkom University sekaligus menjadikannya universitas pertama yang menerima beasiswa tersebut.

Google juga mengumumkan mitra keuangan mikro baru guna menyalurkan pinjaman senilai 2 juta dolar AS untuk UKM di berbagai wilayah yang kurang terlayani Google juga memberikan beasiswa untuk melatih 10 ribu orang di Indonesia melalui program Google Career Certificates pada Mei 2022 lalu.

Baca juga :

Telkom University Terima 2.000 Beasiswa dari Google

Hungaria Tambah Kuota Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia

24 Orang Penerima Beasiswa IISMAVO Diberangkatkan ke Inggris, Berasal dari 18 Perguruan Tinggi

Tips Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2022 ke 65 Universitas Dunia dari Kemendikbud

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran, melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com


Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected]co.id (Marketing)

× Image