Digelar di UB, 123 Perguruan Tinggi Ikuti Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2022

Info Kampus  
Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVI tahun 2022 dibuka secara resmi Senin (25/10/22) di Universitas Brawijaya. Foto : puspresnas
Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVI tahun 2022 dibuka secara resmi Senin (25/10/22) di Universitas Brawijaya. Foto : puspresnas

Kampus—Universitas Brawijaya (UB) menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVI tahun 2022. Kegiatan yang diikuti 123 Perguruan Tinggi se-Indonesia ini digelar secara luring 25 hingga 28 Oktober 2022.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi mengatakan Peksiminas merupakan wujud penerapan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan ajang silaturahmi mahasiswa dalam bidang seni dari 123 perguruan tinggi se-Indonesia.

“Peksiminas merupakan sebuah arena Merdeka Belajar sesungguhnya untuk mempertunjukkan semua kreativitas dan karya cipta seni yang dimiliki oleh adik-adik sekalian. Ajang talenta ini juga menjadi ruang perjumpaan adik-adik para generasi kreatif pelajar pancasila yang mempunyai keinginan mendapatkan pengalaman sekaligus mencipta. Ketika tiba di kampus masing-masing nanti adik-adik harus menjadi inspirasi,” jelas Asep Sukmayadi dalam sambutan acara pembukaan Peksiminas XVI tahun 2022 di gedung Samantha Krida pada Senin (25/10/22).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Peksiminas, jelas Asep seperti dikutip laman puspresnas, merupakan salah satu upaya mengembangkan potensi bakat dan kreativitas mahasiswa dalam bidang seni. Dia mengucapkan terima masih kepada UB yang menjadi tuan rumah penyelenggara.

“Terima kasih kepada Universitas Brawijaya yang menjadi tuan rumah Peksiminas kali ini. Melalui ajang yang dilaksanakan secara luring ini tentunya memberikan energi positif untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, berprestasi lebih hebat,” tambah Asep.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UB dan Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Jawa Timur Abdul Hakim selaku menjelaskan Peksiminas adalah puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam seni. Melalui seni itu sendiri mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kepribadiannya agar memiliki integritas yang tinggi terhadap pelestarian dan pengembangan budaya nasional.

Dalam laporannya, Abdul menjelaskan Peksiminas tahun ini diikuti oleh BPSMI dari 32 provinsi dengan jumlah peserta 838 mahasiswa yang berasal dari 123 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Mereka sebelumnya sudah terseleksi dari Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida).

Selanjutnya, Rektor UB, Widodo, menyampaikan Peksiminas juga bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk menghargai seni dan menurutnya bidang sains, seni, dan teknologi merupakan satu kesatuan

“Peksiminas mengajak masyarakat Indonesia agar semakin menghargai seni dan memahami bahwa seni adalah bagian penting dalam pembentukan peradaban manusia dan perkembangan sains dan teknolog,” jelas Widodo.

Berikutnya : 15 Kategori Lomba di Peksiminas 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image