Daftar Juara Lomba Madrasah Student Leadership Award 2022, Ada dari Sekolahmu ?

Sekolah  
Peserta grand final Madrasah Student Leadership Award (MSLA) Tahun 2022 berfoto bersama. Foto : pendis kemenag
Peserta grand final Madrasah Student Leadership Award (MSLA) Tahun 2022 berfoto bersama. Foto : pendis kemenag

Kampus—Ajang lomba Madrasah Student Leadership Award (MSLA) Tahun 2022 resmi ditutup di Arch Hotel, Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/11/2022) malam. Grand final MSLA 2022 ini diikuti 35 peserta yang terseleksi dari 517 peserta yang mendaftar sebelumnya.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaa (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi menyebutkan, ada sebanyak 517 peserta dari siswa Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia yang mendaftar pada tahap awal MSLA dimulai pada bulan Mei lalu. Kemudian para peserta melewati proses seleksi dan penilaian dari naskah akademik yang diajukan hingga terpilih sebanyak 96 peserta.

Pada tahap berikutnya, para peserta mengikuti kegiatan Penguatan Leadership dan Karakter Siswa Madrasah yang dilaksanakan secara zonasi, yaitu zona timur, tengah dan barat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kemudian diantara 96 itu maka terpilihlah sebanyak 35 anak-anak yang hadir di kesempatan ini," jelas Isom dilansir laman pendis.kemenag.

Lebih lanjut Isom menjelaskan, para peserta yang mendapatkan penghargaan ini dinilai dari beberapa hal seperti wawasan keislaman dan kebangasaan, manajemen keorganisasian, personal branding dan relasi sosial serta rencana aksi perubahan madrasah di masa yang akan datang.

"Yang terakhir tentu bagaiamana penguasaan dan penyikapan mereka terhadap isu-isu kontemporer seperti isu keislaman, kebangsaan, keorganisasian dan kemandirian dari anak anak yang akan menjadi pemimpin masa depan sehingga terpilihlan juara satu, dua, tiga sampai juara harapan," jelasnya.

Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, bagi masyarakat umum sebuah ajang perlombaan itu hanya menghasilkan dua kelompok masyarakat yang disebut the winner dan the losser. Namun, sebagai masyarakat akademik, tidak ada istilah demikian, akan tetapi the winner dan the learner atau yang menang dan orang yang perlu belajar lagi.

"Kalau kita hari ini belum dapat juara satu cuma juara dua maka Anda perlu belajar untuk memperoleh itu semua dan kalaulah kekalahan itu akan memperkokoh kita akan menghadapi dinamika masyarakat yang akan datang, maka terimalah kekalahan itu dengan arif apabila anda dipaksa untuk menerima sebuah kekalahan karena kekalahan itu bukan hal yang memalukan tetapi yang memalukan adalah keluar dari gelanggang dan menyerah," terangnya.

Perserta yang berhasil meraih juara MSLA 2022 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 6 juta, medali, dan piala. Sementara juara II mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 4 juta, medali, dan piala, juara III mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta, medali, dan piala. Sedangkan juara harapan masing masing mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta, serta medali dan piala.

Berikutnya : Juara Lomba Madrasah Student Leadership Award 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image