Tips Mengerjakan Skripsi agar Lulus Tepat Waktu dari Dosen UM Surabaya

Serba Serbi  
Banyak mahasiswa yang bisa lulus tepat waktu karena bisa mengerjakan skripsi dengan cepat. Foto : republika  
Banyak mahasiswa yang bisa lulus tepat waktu karena bisa mengerjakan skripsi dengan cepat. Foto : republika

Kampus—Mengerjakan skripsi bisa jadi gampang-gampang susah. Banyak mahasiswa yang bisa lulus tepat waktu karena bisa mengerjakan skripsi dengan cepat. Tapi tak sedikit juga mahasiswa yang terlambat lulus karena skripsinya tak kunjung selesai.

Apa kuncinya agak mudah mengerjakan skripsi dan lulus tepat waktu ? Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Suher memberikan tips mengerjakan skripsi agar lulus tepat waktu. Berikut tipsnya :

1. Pilih Topik Skripsi yang Disukai

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mahasiswa agar memulai mengerjakan skripsi dengan perasaan senang. Carilah topik yang disukai, sebab jika pada dasarnya mahasiswa sudah suka, maka setiap proses penulisan yang dijalani akan terasa lebih mudah.

 

Siapkan beberapa topik, minimal lima. Hal tersebut sebagai antisipasi jika judul yang lain ditolak, sehingga masih banyak topik cadangan yang bisa diajukan ke dosen pembimbing.

2. Data Skripsi yang Valid

Data dalam skripsi merupakan satu hal yang wajib, karena suatu penelitian akan dianggap valid jika tersaji data di dalamnya. Data yang dibutuhkan dalam skripsi harus tersedia.

Ketika judul skripsi sudah ditentukan, carilah data dari berbagai sumber. Bisa dari buku, jurnal, surat kabar, website atau data di lapangan. Pastikan semua data yang diambil memiliki sumber terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

3. Penuhi Persyaratan

Mahasiswa semester akhir wajib membaca segala persyaratan dan panduan skripsi yang diterbitkan universitas. Misalnya, jumlah KRS yang harus dipenuhi, berapa kali pertemuan dengan dosen. Jika dalam penjelasan kurang bisa dipahami dengan jelas, mahasiswa bisa segera bertanya ke dosen atau pihak kemahasiswaan.

4. Susun Kerangka Berpikir dengan Jelas

Kerangka berisi sistematika penulisan mulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan dasar teori. Buatkah kerangka dalam bentuk bagan agar bisa lebih mudah dibaca.

Tujuan penyusuan kerangka ini adalah sebagai panduan supaya mudah dalam penyusunan skripsi secara utuh. Selain itu, juga membatasi pembahasan skripsi agar fokus dan tidak melenceng kemana-mana.

5. Ajukan Proposal Penelitian

Sebelum sidang skripsi mahasiswa akan menuliskan proposal penelitian. Dengan proposal penelitian ini akan dapat diketahui apakah penelitian mahasiswa dapat dilanjutkan atau tidak.

Dalam menuliskan proposal penelitian mahasiswa akan menuliskan Bab 1 sampai 3. Sementara Bab 4 dan 5 dilanjutkan setelah sidang proposal.

6. Perlakukan Dosen Pembimbing Skripsi dengan Baik

Kelancaran dalam mengerjakan skripsi juga dipengaruhi oleh dosen pembimbing. Kenali dan perlakukan dosen pembimbing dengan baik, salah satunya dengan menjadi mahasiswa yang aktif.

7. Buatlah Target Mengerjakan Skripsi

Target yang dibuat oleh mahasiswa akan membantu dalam hal disiplin menyelesaikan tugas dan tidak menyepelekan waktu. Jangan tunda-tunda dalam mengerjakan skripsi. Pasalnya jika sekali menunda skripsi bisa menjadi kebiasaan menyepelekan yang berdampak negatif pada tugas akhir.

Bagi yang akan mengerjakan skripsi, semoga tips ini membantu. Semoga pengerjaan skripsinya lancar dan lulus tepat waktu.



Baca juga :

Puluhan Mahasiswa UM Surabaya Lulus Tanpa Skripsi, Bagaimana Caranya ?

Ada yang Bisa Dipidana dalam Kasus Gagal Ginjal Akut ? Begini Pendapat Pakar UM Surabaya

Begini Tips dari Pakar UM Surabaya untuk Menangani Anak yang Mengalami Demam Tinggi

Bagaimana Mencari Passion di Dalam Diri Kita? Ini Tips dari Pakar

Begini Tips Berinvestasi Menghadapi Resesi 2023 dari Pakar Unair

Merasa Insecure ? Begini Tips Menghadapinya dari Dosen Psikologi UGM

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image