Sekolah

Wakil Papua dan Banten Jadi Duta SMA 2023, Sisihkan Ribuan Peserta

Pemilihan Duta SMA Nasional Tahun merupakan kegiatan yang tidak hanya mengasah kompetensi, tetapi juga keterampilan. Foto : kemendikbud
Pemilihan Duta SMA Nasional Tahun merupakan kegiatan yang tidak hanya mengasah kompetensi, tetapi juga keterampilan. Foto : kemendikbud

Kampus—Lantar Maulana Anugerah Daiva dari SMAN 4 Kota Jayapura, Provinsi Papua dan Shafiqa Azwa Hafiza dari SMA Plus Pembangunan Jaya, Provinsi Banten terpilih sebagai Duta SMA 2023. Keduanya terpilih setelah melalui berbagai tahapan seleksi bersama ribuan peserta yang mendaftarkan diri dalam pemilihan.

Malam Puncak Pemilihan Duta SMA 2023, digelar Kamis (07/9/2023). Duta SMA merupakan merupakan program yang diinisiasi oleh Direktorat SMA Kemendikbudristek sejak tahun 2022. Tujuannya untuk menjaring peserta didik jenjang SMA yang memiliki karakter profil pelajar Pancasila, mampu menjadi pemangku kepentingan yang aktif, dan menjadi role model sebaya dalam bidang pendidikan, serta memiliki tiga core value, yaitu Sinergi, Mandiri, dan Aktif.

Lantar Maulana mengungkapkan kegembiraannya bisa terpilih sebagai Duta SMA Nasional 2023. Ia mengaku tidak menyangka akan terpilih. “Jujur aku enggak nyangka. Karena seperti yang kita tahu, teman-teman di sini pada keren banget. Aku senang bisa diberi kepercayaan oleh dewan juri dan teman-teman untuk dijadikan Duta SMA Nasional selama satu tahun ke depan,” katanya seperti dilansir laman Kemdikbud.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal senada juga diungkapkan Shafiqa Azwa. Dia mengaku sudah menyusun program literasi sebagai salah satu program kerjanya sebagai Duta SMA Nasional 2023. “Karena menurut saya sekarang itu tingkat literasi masih kurang, terutama literasi numerasi dan digital. Saya juga ingin mengembangkan dan lebih aware terhadap bahasa isyarat,” tutur Shafiqa yang tampil menunjukkan bakatnya sebagai juru bahasa isyarat dalam acara unjuk bakat.

Pada tahun ini, sebanyak 3.445 pelajar SMA mendaftar sebagai calon Duta SMA 2023. Pada tahap pertama, mereka melalui seleksi administrasi, lalu di tahap kedua dilakukan penilaian karya tulis. Kemudian sebanyak 826 peserta lolos ke tahap wawancara, hingga akhirnya terpilih 74 peserta perwakilan dari 37 provinsi di Indonesia. Hanya ada satu provinsi yang tidak memiliki perwakilan dalam Duta SMA 2023, yaitu Provinsi Papua Pegunungan. Dewan Juri Duta SMA 2023 berjumlah 12 orang yang terdiri dari akademisi, praktisi komunikasi, praktisi kehumasan, dan perwakilan internal Kemendikbudristek.


Pemenang
Duta SMA Nasional 2023

• Lantar Maulana Anugerah Daiva dari SMAN 4 Kota Jayapura, Provinsi Papua

• Shafiqa Azwa Hafiza dari SMA Plus Pembangunan Jaya, Provinsi Banten



Pemenang K
egori Khusus Duta SMA 2023

• Duta SMA Berbakat : Vania Putri Arfanda Kurnia dari SMAN 2 Sampit, Provinsi Kalimantan Tengah

• Duta SMA Terfavorit : Mikayla Fawwaz Ramadanti Moga dari SMAN 01 Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara

• Duta SMA Teraktif Bermedia Sosial : Najwa Adhassifa dari SMAN 1 Bandar Lampung, Provinsi Lampung

• Duta SMA Berpenampilan Menarik : Cristiano Fajar Ronaldo Lubis dari SMAN 2 Lubuk Pakam, Provinsi Sumatra Utara

• Duta SMA Terinspiratif.Adyra Rachellyn Arkossand dari SMAS Global Prestasi School, Provinsi Jawa Barat

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur SMA, Winner Jihad Akbar, mengatakan bahwa pencapaian 74 pelajar SMA sebagai Duta SMA Provinsi merupakan suatu langkah dan hal yang membanggakan karena telah berjuang dalam seleksi bersama ribuan orang. Ia mengatakan, kegiatan Puncak Pemilihan Duta SMA Nasional Tahun 2023 pada 5—8 September 2023 merupakan kegiatan yang tidak hanya mengasah kompetensi, tetapi juga keterampilan.

“Bukan hanya hardskill, tapi juga softskill, yaitu pendidikan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Keenam karakter dalam profil pelajar Pancasila perlu melekat dalam diri setiap Duta SMA,” katanya saat hadir memberikan motivasi kepada para Duta SMA, pada Malam Puncak Pemilihan Duta SMA 2023 di Jakarta, Kamis.

Puncak Pemilihan Duta SMA Nasional 2023 selama tiga hari pada 5-8 September 2023 merupakan tahap penilaian akhir untuk memilih Duta SMA Nasional. Perwakilan juri dari praktisi kehumasan, Jojo S Nugroho, mengatakan bahwa dalam kegiatan puncak pemilihan tersebut, juri melakukan pengamatan terhadap para Duta SMA dan melihat interaksi mereka dengan sesamanya. “Jadi terlihat leadership-nya, public speaking-nya, bagaimana mereka merangkul teman-temannya, dan bagaimana bersikap satu sama lain. Selain public speaking, dalam melihat kemampuan berkomunikasi, juri juga mengamati akun media sosial para duta. Karena mereka adalah para Duta SMA, jadi harus menguasai media sosial. Kami melihat literasi digital mereka, misalnya bagaimana membuat konten, seberapa banyak interaksi, dan jumlah follower,” katanya.

Baca juga :

Top 100 Universitas di Indonesia Versi EduRank 2023 Terbaru, UI, UGM, IPB Teratas | kampus (republika.co.id)

100 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2023, Terdapat 44 Kampus Swasta | kampus (republika.co.id)

30 SMA Terbaik di Jabodetabek Versi UTBK, Tak Ada dari Depok dan Bogor | kampus (republika.co.id)

100 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2023 Versi UniRank Terbaru | kampus (republika.co.id)

25 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023 | kampus (republika.co.id)

40 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023 | kampus (republika.co.id)

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news