Info Kampus

Mau Lolos UTBK-SBMPTN ? Ini Jadwalnya

Suasana saat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar (ilustrasi). Foto : Antara
Suasana saat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar (ilustrasi). Foto : Antara

Banyak jalan menuju Roma, begitulah hal yang dapat menggambarkan perjuangan siswa-siswi kelas 12 SMA dan mereka yang memilih menunda satu tahun untuk kuliah (gap year) demi menggapai PTN impian. Salah satu jalan menuju PTN favorit adalah melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Berbeda dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), SBMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi melalui tes ujian. Sejak tahun 2019, tes ini dikenal dengan nama Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Nantinya, para peserta akan memilih program studi dan PTN tujuan sebelum melaksanakan ujian dan hasil UTBK akan menentukan kelulusannya.

SNMPTN dan SBMPTN dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lembaga di bawah naungan Kemendikbud Ristek ini sudah mengeluarkan jadwal untuk SBMPTN. Berdasarkan informasi yang didapat dari situs https://ltmpt.ac.id/, persyaratan peserta SBMPTN yang dapat mendaftar adalah sebagai berikut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Siswa-siswi SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 dibuktikan dengan memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022)

2. Siswa-siswi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 yang memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Bagi para siswa lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang telah disetarakan

3. Para siswa yang tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022

Sementara itu, kelompok ujian UTBK terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek; Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum; Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Selain itu, terdapat jadwal yang harus dicatat bagi kalian yang akan mendaftar SBMPTN. Berikut Kampus Republika sampaikan di bawah ini.

· Pendaftaran Akun LTMPT : 14 Februari – 17 Maret 2022

· Sosialisasi UTBK-SBMPTN : 01 Desember 2021 - 15 April 2022

· Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 23 Maret - 15 April 2022

· Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 - 23 Mei 2022

· Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei - 03 Juni 2022

· Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2022

· Pengunduhan Sertifikat UTBK : 25 Juni - 31 Juli 2022

· Semua kegiatan yang berlangsung pada hari yang terjadwal akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB

Bagi kalian para pejuang SBMPTN, Kampus Republika menyampaikan salam semangat dan sukses untuk mencapai PTN impian. (annida)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news