Info Kampus

Unhas Juara Umum Pimnas 2024, UGM Raih Medali Terbanyak

Unhas menjadi juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2024. Foto : unhas

Kampus—Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2024. Universitas Gadjah Mada (UGM) kendati meraih medali terbanyak harus puas berada di peringkat kedua dalam Pimnas ke-37 yang berlangsung di Universitas Airlangga (Unair) 15-18 Oktober 2024 itu.

Kemenangan Unhas merupakan sejarah, karena inilah kali pertama juara umum Pimnas diraih oleh perguruan tinggi di luar Jawa. Unhas meraih total 19 medali, terdiri dari 9 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu untuk kategori poster dan presentasi. Tidak hanya itu, Unhas juga berhasil meraih 1 gelar juara favorit pada kategori poster, serta 3 mahasiswa Unhas memperoleh penghargaan individu sebagai Mahasiswa Bertalenta.

Prestasi ini menempatkan Unhas di puncak klasemen perolehan medali, mengungguli ratusan perguruan tinggi besar lainnya dari seluruh Indonesia yang turut serta dalam ajang bergengsi tersebut. Unhas berhasil mengalahkan 118 perguruan tinggi dengan total tim 550 yang terlibat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kontingen UGM yang berada di peringkat kedua berhasil meraih medali terbanyak dengan 36 medali. Tim Pimnas UGM dinyatakan kalah beda tipis dengan tim Unhas terkait perolehan medali emas untuk kategori presentasi sehingga dalam keseluruhan penilaian harus melepas Piala bergilir Adhikarta Kertawidya.

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Jamaluddin Jompa, menyampaikan ucapan selamat kepada 38 tim delegasi mahasiswa Unhas yang berhasil meraih gelar juara umum Pimnas 2024. Kemenangan ini menurutnya menegaskan komitmen Unhas dalam mendukung potensi dan prestasi mahasiswa di tingkat nasional.

“Ini menunjukkan kekompakan kita semua dan membuktikan Unhas bisa mencetak sejarah baru. Saya tahu ini tidak mudah, menjuarai laga nasional dengan persaingan yang besar, melibatkan 118 perguruan tinggi Indonesia. Terima kasih kepada seluruh sivitas akademika, kepada mahasiswa, dosen, departemen, hingga seluruh pimpinan organ di lingkup Unhas. Kami bangga, kita ada truly champion,” kata Jamaluddin seperti dilansir laman Unhas.

Rektor UGM, Prof Ova Emilia menilai raihan Tim Pimnas UGM tetap sebagai prestasi yang luar biasa. Kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, disebutnya bukan sekedar tempat berkompetisi tetapi sesungguhnya menggembleng mahasiswa untuk semakin percaya diri terkait inovasi dan kreativitas di masa depan. “Adik-adik para mahasiswa luar biasa. Saya yakin adik-adik sudah terbiasa digembleng dengan karakter UGM yang selalu ingin berkompetisi. Bukan sekedar berkompetisi, tetapi sekaligus berupaya mencari sahabat,” katanya dikutip dari laman UGM.

Peringkat 10 Besar Pimnas 2024

1. Universitas Hasanuddin (Unhas)

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

3. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

4. Universitas Brawijaya (UB)

5. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

6. Universitas Negeri Malang

7. Universitas Airlangga (Unair)

8. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

9. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

10. Politeknik Negeri Malang

Pimnas merupakan event yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Event ini merupakan salah satu penjabaran dari program BPTI untuk menciptakan iklim akademis yang kompetitif di kalangan mahasiswa Indonesia. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news