Tips Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2022 ke 65 Universitas Dunia dari Kemendikbud

Info Kampus  
Kemendikbud membuka pendaftaran program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) sejak 12 Maret 2022. Foto : Dok
Kemendikbud membuka pendaftaran program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) sejak 12 Maret 2022. Foto : Dok

Kampus— Kementerian Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) membuka pendaftaran program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA 2022. Dengan mengikuti program beasiswa IISMA ini mahasiswa berkesempatan untuk menjalani perkuliahan selama satu semester di universitas di luar negeri dengan dibiayai negara.

Ada 65 kampus yang bisa menjadi pilihan jika ikut Beasiswa IISMA 2022 . Terdiri dari 10 kampus di Amerika dan Kanada, 15 kampus di Asia, 22 kampus di Eropa, dan 18 kampus di Inggris dan Irlandia.

Baca juga : Ini 65 Universitas Dunia Tujuan Beasiswa IISMA 2022 Kemendikbud, Mahasiswa Silakan Merapat

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mahasiswa penerima beasiswa IISMA nantinya akan mendapat berbagai macam fasilitas.. Di antaranya, tempat tinggal dan biaya hidup, biaya registrasi dan pendidikan, tes PCR dan karantina, visa, tiket pesawat ekonomi, dan asuransi kesehatan.

 

Peserta beasiswa IISMA juga tidak akan ketinggalan perkuliahan, karena akan mendapatkan 20 SKS (satuan kredit semester). Keuntungan lainnya jika ikut IISMA adalah menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan, bisa mempelajari budaya negara lain, membangun jaringan, dan mempersiapkan karier.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud memberikan tips agar mahasiswa sukses dalam seleksai IISMA. Seperti dikutip dari IG @ditjen.dikti, tips tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kenali kemampuan diri Identifikasi kekuatan dan kelemahan diri untuk menunjang dalam pembuatan esai dan curriculum vitae (CV).

2. Latih kemahiran berbahasa Inggris. Berlatih berbahasa Inggris secara giat dan rutin dapat membantu kamu melewati tiap tahapan seleksi IISMA.’

3. Susun strategi pilih universitas. Lakukan riset tentang universitas yang akan dipilih. Pastikan universitas yang dituju memiliki peluang penerimaan yang tinggi sesuai dengan kemampuan diri.

4. Persiapkan diri untuk wawancara. Poin penting saat seleksi wawancara yaitu menjadi diri sendiri, jujur, dan percaya diri agar membuat pewawancara terkesan.

Pendaftaran Beasiswa IISMA sudah dibuka sejak 12 Maret 2022. Persyaratan ikut Beasiswa Beasiswa IISMA 2022 Kemendikbud adalah sebagai berikut :

Persyaratan IISMA 2022

1. terdaftar sebagai mahasiswa S1 Indonesia aktif pada perguruan tinggi yang diakui di Indonesia di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (DJPIK) selama aplikasi dan selama program;

2. warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berdomisili di Indonesia dan tidak berkewarganegaraan ganda;

3. berada pada semester 4 atau 6 pada saat aplikasi program tahun 2022;

4. maksimal berusia 23 tahun pada tanggal 1 Juli 2022;

5. tidak pernah mengambil cuti kuliah selama studi program sarjana;

6. tidak pernah mengikuti program mobilitas/pertukaran fisik di luar negeri selama studi program sarjana;

7. memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai dengan skor minimal IELTS – 6.0, TOEFL iBT – 78, Duolingo English Test – 100*; (cek di sini)

8. dicalonkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik universitas asal;

9. tidak menerima tunjangan hidup dari dana/beasiswa lain dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selama Program IISMA;

10. tidak mengikuti program Kampus Merdeka lainnya bersamaan dengan Program IISMA;

11. tidak pernah mengikuti lebih dari 1 (satu) Program Kampus Merdeka sebelum Program IISMA;

12. tidak pernah melanggar aturan, norma, dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia;

13. Bersedia mengikuti tata tertib selama mengikuti IISMA.

Dokumen yang Dibutuhkan

1. Surat Rekomendasi yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Internasional atas nama Wakil Rektor Bidang Akademik

2. Sertifikat kemahiran bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo).

3. Transkrip akademik (dalam bahasa Inggris).

4. Pernyataan Non-Pendaftaran dalam Program Pertukaran/Pertukaran Pelajar Internasional Fisik/Non-Online.

5. Surat Pernyataan Bebas dari Narkotika, Psikotropika, atau zat adiktif lainnya.

6. Pernyataan Tidak Terlibat dalam Kekerasan Seksual.

Langkah Pendaftaran Secara Online

1. Buka site.iisma.id dan klik tombol “Apply” di bagian kanan atas halaman.

2. Daftarkan diri Anda dengan mengisi formulir dengan alamat email aktif, nama pengguna (buat satu), dan kata sandi. Klik "Register" sesudahnya.

3. Harap pastikan bahwa judul formulir adalah “Student” untuk aplikasi IISMA 2022 untuk penerima beasiswa mendatang.

4. Setelah mendaftar, akan menerima email konfirmasi. Harap pastikan bahwa telah menulis alamat email dengan benar karena email konfirmasi hanya dapat dikirim satu kali.

5. Muncul email konfirmasi.

6. Klik link URL yang diberikan dalam email konfirmasi, dan akan diarahkan ke halaman login. Masukkan alamat email/nama pengguna dan kata sandi dengan benar.

7. Jika login berhasil. Klik ““Register Now” untuk mengisi informasi pribadi.

8. Muncul form.Pendaftar harus mengisi formulir dengan data pribadi sejujur dan sebenar mungkin berdasarkan petunjuk.

9. Pada bagian ini, pendaftar harus mengunggah dokumen yang diperlukan berdasarkan instruksi.

10. Pada bagian ini, pendaftar harus menjawab pertanyaan sejujur dan sebenar mungkin.

11. Jika ingin menyimpan aplikasi setengah jalan, pendaftar dapat mengklik tombol “Save Draft”. Harap diperhatikan bahwa dengan mengklik tombol “Save Draft” belum mengirimkan aplikasi, dan masih dapat mengedit kiriman di masa mendatang.

12. Klik tombol “Sent” untuk mengirimkan aplikasi. Setelah mengklik tombol “Sent”, tidak akan dapat mengedit aplikasi lagi, jadi harap validasikan bahwa semua data sudah benar sebelumnya.

13. Setelah mengklik tombol “Sent”, akan melihat pop-up di layar. Pendaftar dapat mengklik "Save" ketika yakin dengan aplikasi.

14. Setelah mengirimkan aplikasi, pendaftar tidak akan dapat mengubahnya.

15. Pengajuan harus diselesaikan selama masa pendaftaran. Jika tidak, aplikasi akan dihapus.

Persyaratan Kemahiran Bahasa

TOEFL iBT

Untuk pendaftaran IISMA skor keseluruhan minimal 80. Persyaratan universitas tuan rumah skor bervariasi tergantung pada universitas tujuan yang bisa dilihat di halaman universitas masing-masing. Pelamar harus memenuhi kedua persyaratan untuk dipertimbangkan untuk seleksi beasiswa.

Baik tes TOEFL iBT di pusat tes dan TOEFL iBT Home Edition akan diterima untuk aplikasi beasiswa IISMA. Skor TOEFL iBT My Best tidak akan dipertimbangkan.

Tes harus diambil setelah 15 Agustus 2020, dan diterima oleh IISMA paling lambat 12 April 2022 untuk dianggap valid. Tes yang diambil sebelum tanggal ini tidak akan dipertimbangkan.

Skor resmi harus dilaporkan langsung ke IISMA dari Educational Testing Service. Kode institusi IISMA adalah D042 (Indonesian International Student Mobility Awards). Nomor kode departemen individual tidak diperlukan. Selama kode institusional D042 dipilih, skor akan dikirimkan secara elektronik ke IISMA.

Petunjuk lebih lanjut tentang cara mengirimkan skor TOEFL iBT Anda tersedia di: https://www.ets.org/toefl/test-takers/ibt/scores/sending/

Kegagalan untuk mengirimkan skor secara elektronik dapat memengaruhi hasil seleksi beasiswa Sobat Kampus.

IELTS

Untuk pendaftaran IISMA skor keseluruhan minimal 6.0 Untuk persyaratan universitas tuan rumah, skor bervariasi tergantung pada universitas tujuan yang bisa dilihat di halaman universitas masing-masing. Pelamar harus memenuhi kedua persyaratan untuk dipertimbangkan untuk seleksi beasiswa.

Baik tes IELTS Academic paper-based maupun IELTS Academic berbasis komputer akan diterima untuk aplikasi beasiswa IISMA. Skor IELTS General Training tidak akan dipertimbangkan.

Tes harus diambil setelah 15 Agustus 2020, dan diterima oleh IISMA paling lambat 12 April 2022 untuk dianggap valid. Tes yang diambil sebelum tanggal ini tidak akan dipertimbangkan.

Skor resmi harus dilaporkan langsung ke Indonesian International Student Mobility Awards dari IELTS. Kode kelembagaan IISMA adalah “Indonesian International Student Mobility Awards” (Pendidikan).

Petunjuk lebih lanjut tentang cara mengirimkan skor IELTS Anda tersedia di:

• https://www.britishcouncilfoundation.id/en/exam/ielts/results

• https://www.ielts.org/en-us/for-test-takers/results

Kegagalan untuk mengirimkan skor secara elektronik dapat memengaruhi hasil seleksi beasiswa .

Duolingo

Untuk pendaftaran IISMA skor keseluruhan minimal 100. Skor minimum untuk sub tes tidak ada. Untuk persyaratan universitas tuan rumah, skor bervariasi tergantung pada universitas tujuan yang bisa dilihat di halaman universitas masing-masing. Pelamar harus memenuhi kedua persyaratan untuk dipertimbangkan untuk seleksi beasiswa.

Tes harus diambil setelah 15 Agustus 2020, dan diterima oleh IISMA paling lambat 12 April 2022 untuk dianggap valid. Tes yang diambil sebelum tanggal ini tidak akan dipertimbangkan.

Skor resmi harus dilaporkan langsung ke IISMA dari Duolingo. Kode kelembagaan Duolingo adalah ‘Lembaga Lain’ dan mencari nama “Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia”. Selama kode kelembagaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia dipilih, skor akan dikirimkan secara elektronik ke IISMA.

Petunjuk lebih lanjut tentang cara mengirimkan skor Tes Bahasa Inggris Duolingo sobat tersedia di: https://englishtest.duolingo.com/sharing

Kegagalan untuk mengirimkan skor secara elektronik dapat memengaruhi hasil seleksi beasiswa.

Jika ada pertanyaan soal Beasiswa IISMA 2022, bisa mengirim email ke secretariat@iisma.id atau melalui surat dengan alamat Kompleks Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Gedung D Lantai 18, Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Senayan, Jakarta, Indonesia 10270.

Perkembangan informasi tentang IISMA juga bisa diikuti melalui IISMA Youtube Channe, Instagram, @iisma_ri dan Facebook Indonesian International Student Mobility Awards.

(ais)

Baca juga :

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Djarum Beasiswa Plus 2022, Dapat Uang Saku dan Pelatihan Soft Skills

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran, melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image