News

UGM Tambah Tiga Prodi Akreditasi Internasional, Total Sudah Ada 59

UGM melaksanakan akreditasi internasional untuk program studi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan reputasi. Ilustrasi. Foto : ugm

Kampus—Universitas Gadjah Mada (UGM) menambah tiga program studi (prodi) dengan akreditasi internasional. Hingga saat ini tercatat ada 59 program studi telah mendapatkan akreditasi internasional.

Ketiga prodi tersebut yang baru mendapat akreditasi internasional adalah S2 Biologi, S2 Bioteknologi, dan S3 Ilmu Komputer. Ketiga prodi itu berhasil mendapatkan akreditasi dari lembaga akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) dari Jerman untuk disiplin rekayasa, matematika dan sains, pertanian, serta biologi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas UGM, Prof Indra Wijaya Kusuma, mengatakan UGM melaksanakan akreditasi internasional untuk program studi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan reputasi.
“Tiga diantaranya baru saja diperoleh dari akreditasi internasional ASIIN, yaitu untuk prodi S2 Biologi, S2 Bioteknologi, dan S3 Ilmu Komputer,” jelasnya, di UGM, Rabu (01/11/2023).

Baca Juga: Delapan Sekolah Terbaik di Kota Padang Berdasarkan Nilai UTBK, Ada Dua Sekolah Swasta

Dilansir laman UGM, Indra menyebutkan bersamaan dengan tiga prodi yang mendapatkan akreditasi ASIIN, terdapat lima prodi yang juga mendapatkan perpanjangan atau reakreditasi dari ASIIN. Lima prodi tersebut antara lain S1 Biologi, S1 Ilmu dan Industri Peternakan, S1 Ilmu Komputer, S1 Matematika, serta S1 Statistika.

Indra menambahkan saat ini UGM juga tengah menunggu hasil akreditasi untuk empat program studi lain dari ASIIN dan FIBAA. “Dengan diperolehnya akreditasi internasional, maka prodi diharapkan dapat meningkatkan jumlah mahasiswa asing sejalan dengan peningkatan kualitas yang berkelanjutan,” jelasnya.

Dekan FMIPA UGM, Prof Kuwat Triyana, menyampaikan rasa sukur yang mendalam dengan diraihnya akreditasi ASIIN untuk prodi S3 Ilmu Komputer Dengan mendapatkan akreditasi ASIIN ini, ia berharap prodi S3 Ilmu Komputer dapat terus unggul dan diakui secara global. Selain itu, prodi dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam perkembangan ilmu komputer dan mempersiapkan generasi mud auntuk menghadapi tantangan masa depan.

“Terima kasih kepada universitas dan semua pihak yang telah memberikan dukungan yang luar biasa dalam perjalanan kami menuju keberhasilan ini,” tuturnya.

Baca Juga: Penemu GeNose Pendeteksi Covid-19, Kuwat Triyana, Jadi Guru Besar UGM

Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof Budi Setiadi Daryono, mengatakan Fakultas Biologi UGM memiliki visi dan misi untuk memiliki keunggulan di bidang biologi tropika dan reputasi serta rekognisi internasional. Karena itu pihaknya memprioritaskan prodi S2 Biologi untuk memenuhi standar internasional melalui akreditasi ASIIN.

“Pencapaian akreditasi internasional ASIIN tersebut merupakan langkah penting dan strategis dalam mengembangkan keilmuan khususnya bidang Biologi Tropika di Indonesia dan dunia,”ujarnya.

Budi menjelaskan bahwa akreditasi internasional ASIIN yang diperoleh prodi S2 Biologi Fakultas Biologi UGM merupakan yang pertama kali untuk bidang Biologi di Indonesia. Karenanya pencapaian ini akan menjadi role model dan percontohan bagi prodi-prodi S2 Biologi di PTN/PTS lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Rektor UGM Jadi Pemimpin Terpopuler di Media Sosial

Dekan Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM, Prof Siti Malkhamah, menyebutkan perolehan akreditasi prodi S1 Bioteknologi di SPS UGM menjadi sebuah capaian yang sangat membanggakan. Terlebih, dalam akreditasi internasional ASIIN yang pertama, prodi S2 bioteknologi langsung mendapatkan akreditasi selama enam tahun.

Akreditasi internasional ASIIN merupakan akreditasi berbasis luaran (Outcome Based Accreditation). Hal penting yang harus ditunjukan adalah program sudah mengimplementasikan pendidikan berbasis luaran (Outcome Based Education/OBE) dengan menunjukan evaluasi ketercapaian luaran program (Program outcome) dan institusi menunjukan komitmennya dalam memfasilitasi implementasi OBE. (*)


Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : [email protected]

Kampus Republika partner of @republikaonline
kampus.republika.co.id
Instagram: @kampusrepublika
Twitter: @kampusrepublika
Facebook: Kampus Republika
Email: [email protected]