Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Info Kampus  
Peserta harus menyiapkan diri agar bisa lolos UTBK-SBMPTN 2022. Foto : Antara
Peserta harus menyiapkan diri agar bisa lolos UTBK-SBMPTN 2022. Foto : Antara

Kampus—Sobat Kampus yang sudah mendaftar UTBK-SBMPTN 2022, jangan terlena. Waktu ujian makin dekat, perlu strategi jitu agar lolos dalam UTBK-SBMPTN 2022.

Ini adalah saat Sobat Kampus membuat keputusan penting dalam hidup. Jangan anggap enteng, perjuangan saat ini menentukan nasib di masa depan. Siapa lagi yang memperjuangkan nasib kita kalau bukan kita sendiri ? Ya nggak ?

Karena itu persiapkan diri untuk lolos UTBK-SBMPTN 2022, agar PTN idaman bisa digenggam. Tak apalah berkorban waktu, tenaga, perasaan, air mata, uang dan lainnya. Jangan sampai menyesal karena tak sungguh-sungguh menyiapkan diri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah, tips ini dapat membantu Sobat Kampus untuk bisa lolos dalam UTBK-SBMPTN 2022. Simak ya.

1. Yakin dan Percaya Diri

Yakinlah Sobat Kampus bisa lulus di prodi dan PTN yang sudah dipilih. Keyakinan diri ini penting, itu akan memotivasi kita untuk berusaha lebih giat. Tak ada yang tak mungkin. Banyak cerita siswa dengan prestasi sekolah pas-pasan, dari sekolah yang bukan favorit, dan tak punya fasilitas untuk ikut bimbel, tapi bisa lolos ke PTN top.

2. Buat Jadwal Belajar

Waktu UTBK sudah semakin dekat. Buatlah jadwal belajar sesuai dengan waktu ujian nanti. Bukan hanya membuat jadwal, tapi disiplinlah dengan jadwal yang sudah dibuat. Ini penting, karena tak ada gunanya membuat jadwal tapi kita malas menepatinya.

3. Belajar Sesuai Gaya Sendiri

Masing-masing orang punya gaya sendiri dalam belajar. Ada yang tipe belakar, visual, auditori, dan kinestetik. Belajarlah dengan gaya yang Sobat Kampus suka dan biasa dilakukan selama ini. Usahakan jangan mengubah gaya belajar, apalagi mengikuti orang lain.

Baca juga : Ada Tiga Gaya Belajar, Kamu Lebih Cocok yang Mana ?

Yang harus dihindari itu adalah Sistem Kebut Semalam (SKS). Belajar semalaman untuk ujian besok harinya. Jangan. Ingat, UTBK ini tidak sama dengan UN atau ulangan harian. Tidak bisa hanya dipersiapkan satu hari saja menghadapinya.

4. Bahas Soal-Soal Tahun Sebelumnya

Penting bagi Sobat Kampus untuk membahas soal-soal tahun-tahun sebelumnya. Jangan hanya terpaku pada satu tahun saja. Materi soal bisa didapat dari buku, bimbel, youtube, IG, dll.

Identifikasi materi-materi yang Sobat Kampus belum paham. Banyak bertanya pada teman, kakak kelas, guru, atau tutor bimbel.

Baca juga :

Persiapan UTBK 2022, Berikut Materi Tes TPS Bahasa Inggris yang Harus Kamu Pelajari

Simak, Ini Materi TKA Saintek UTBK 2022

5. Ikuti Try Out

Coba ikuti uji coba atau try out UTBK-SBMPTN 2022. Try out bisa dilakukan secara mandiri, ikut lembaga yang menyelenggarakan, atau bimbel. Buat target untuk setiap try out. Lakukan beberapa kali agar kita tahu kemajuan dari satu try out ke try out lainnya.

Hasil try out ini bisa digunakan, pertama untuk mengetahui apakah persiapan belajar kita mengalami perkembangan. Kedua, kita jadi tahu kelemahan kita dimana. Misalnya kita masih sering salah dalam konsep tertentu.

Saat try out, buatlah suasana seperti UTBK sesungguhnya. Usahakan kerjakan di depan komputer dalam suasana ruangan yang tenang.

Baca juga : Persiapkan SBMPTN, Ini Materi TKA Soshum UTBK 2022

6. Kurangi Nongkrong dan Sosmed

Sobat Kampus benar-benar harus memanfaatkan waktu yang tersisa menjelang UTBK-SBMPTN sebaik-baiknya. Waktu kita tidak banyak. Karena itu yang hobby nongkrong, sebaiknya dikurangi dulu. Nanti saja nongkrongnya kalau sudah lulus.

Sosial media kadang mengganggu kalau terlalu banyak diikuti. Sebaiknya kurangi aktifitas di sosmed. Tidak lama koq, sampai UTBK selesai.

7. Perlukah Bimbingan Belajar ?

Jika merasa membutuhkan, masih ada waktu, dan ada biaya, bimbel bagus-bagus saja. Kelebihan bimbel yang bereputasi, mereka punya tips dan trik tersendiri untuk menghadapi UTBK. Siswa bimbel biasanya juga dibimbing untuk memilih prodi dan PTN yang sesuai dengan kemampuannya.

Tapi kalau tidak bisa bimbel, belajar mandiri juga cukup koq Banyak sekali siswa yang lulus tanpa harus bimbel. Banyak juga yang sudah bimbel tapi tidak lulus.

Jadi sekali lagi tergantung kita, bukan lembaga bimbelnya. Yang jarang terjadi itu tidak belajar sama sekali, tapi lulus di SBMPTN.

8. Bikin Kelompok Belajar

Nongkrong jangan dulu, tapi kalau bertemu untuk belajar bersama boleh. Kumpul dengan teman-teman yang sama-sama punya tekad kuat lulus SBMPTN. Dengan belajar bareng kita bisa saling belajar soal-soal yang mungkin kurang paham.

Belajar bersama dengan teman-teman yang punya tujuan sama juga akan menjaga semangat kita menghadapi UTBK. Tekadkan bersama teman-teman sobat lulus semua di UTBK.

9. Jaga Kondisi Fisik dan Mental

Belajar tentu, tapi jangan memaksa diri terlalu banyak. Yang wajar-wajar saja. Perhatikan waktu istirahat dan makan teratur. Fisik perlu fit untuk menghadapi UTBK nanti.

Suasana hati juga mesti selalu dijaga. Urusan galau-galau karena gebetan tinggalkan dulu. Sobat Kampus punya misi terbesar dalam hidup: Lulus SBMPTN. Fokus saja ke situ dulu.

10. Banyak-banyak Ibadah dan Berdoa

Belajar sudah, persiapan ini itu sudah, yang tak boleh ditinggalkan adalah berdoa. Perbanyak ibadah dan berdoa semoga apa yang Sobat Kampus inginkan terkabul. Minta juga doa dam saran dari orang-orang terdekat seperti kakek, nenek, ibu, ayah, kakak, adik, guru, sahabat dan lainnya.

Terakhir, apapun hasilnya UTBK-SBMPTN 2022 nanti, yakinlah itu yang terbaik buat Sobat Kampus semua. Terus semangat. Semoga sukses di UTBK-SBMPTN 2022.

(ais)

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image