Info Kampus

Ini Jalur Masuk Lengkap dan Link Pendaftaran 22 PTN di Sumatera

Banyak Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera membuka jalur mandiri. Universitas Sumatera Utara (USU) salah satunya. Foto : usu
Banyak Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera membuka jalur mandiri. Universitas Sumatera Utara (USU) salah satunya. Foto : usu

Kampus—Sobat Kampus masih mencari perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ini ? Jika ingin masuk ke PTN di Sumatera, banyak kampus yang membuka pendaftaran selain jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Selain melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) banyak PTN di Sumatera yang membuka jalur mandiri. Jalur mandiri bentuknya ada yang yang dengan dengan menggunakan prestasi rapor, ada pula ujian tulis.

Sejumlah PTN di Sumatera juga bergabung dalam Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN-Barat 2022). SMM PTN–Barat 2022 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS–PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN–BARAT. Pendaftaran SMM PTN Barat sudah dibuka tanggal 1 April dan berakhir 27 Juni 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu perguruan tinggi Islam membuka pendaftaran melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh perguruan tinggi disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Kedua pola seleksi tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN sudah dimumumkan hasilnya pada 15 April 2022. Sedangkan UM-PTKIN akan dibuka pendaftarannya pada 25 April 2022.

Berikut adalah daftar jalur masuk di 22 PTN yang ada di Sumatera. Pemilihan 22 PTN ini hanya yang ikut dalam SNMPTN 2022 dan SBMPTN 2022. Data diolah dari laman ltmpt dan laman masing-masing PTN.

Jalur Masuk dan Link Pendaftaran Mahasiswa Baru 22 PTN di Sumatera

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news