Mahasiswa UGM Gelar Forum Mahasiswa untuk Pilih Rektor Baru

News  
Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar forum untuk memilih rektor baru di Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta. Foto : ugm.ac.id
Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar forum untuk memilih rektor baru di Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta. Foto : ugm.ac.id

Kampus—Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan acara “Forum Mahasiswa UGM: Memilih Rektor Periode 2022-2027” yang bertempat di Ruang A Graha Sabha Pramana UGM, Rabu (18/05/22). Acara tersebut merupakan acara puncak dari rangkaian acara Pemilihan Rektor UGM di tingkat mahasiswa.

Pemilihan Rektor UGM di Tingkat Mahasiswa merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh anggota Majelis Wali Amanat Unsur Mahasiswa (MWA UM). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan transparansi dan ruang partisipasi mahasiswa dalam pemilihan Rektor UGM tahun ini. Usulan diadakannya kegiatan Pemilihan Rektor UGM di tingkat mahasiswa telah disepakati oleh mahasiswa UGM melalui acara Musyawarah Mahasiswa UGM yang dilaksanakan Kamis, 24 Februari 2022 lalu.

Berita terkait : Calon Rektor UGM Periode 2022-2027 Mengerucut ke Tiga Figur

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Agoes Kevin, anggota MWA UGM unsur mahasiswa, mengatakan dalam musyawarah tersebut disepakati bahwa kegiatan Pemilihan Rektor UGM di tingkat mahasiswa dilaksanakan dengan sistem electoral college dan melalui beberapa rangkaian acara. Beberapa di antaranya adalah Srawung Mahasiswa, Forum Mahasiswa Tingkat Fakultas/Sekolah/Gelanggang, dan Forum Mahasiswa UGM. MWA UM kemudian membentuk Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Tingkat Mahasiswa yang bertugas melaksanakan rangkaian acara tersebut.

“Acara Forum Mahasiswa UGM: Memilih Rektor Periode 2022-2027 diikuti oleh 42 dari perwakilan mahasiswa di 18 fakultas, Sekolah Vokasi, Sekolah Pascasarjana, dan perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM),” kata Agoes Kevin seperti dikutip dari laman ugm.ac.id.

Dalam forum tersebut dilakukan pemungutan suara terhadap tiga calon rektor hasil seleksi Senat Akademik. Penetapan aspirasi mahasiswa kemudian dimandatkan kepada MWA UM untuk disampaikan dalam Rapat Pleno Terbuka MWA tentang Pemilihan dan Penetapan Rektor UGM Periode 2022-2027. Pemungutan suara dilakukan dengan sistem ranked-choice voting (RCV) dan menghasilkan dua nama calon rektor yang diurutkan berdasarkan skala prioritas. Kedua nama tersebut kemudian dimandatkan kepada MWA UM untuk dipilih dalam Rapat Pleno Terbuka MWA yang akan dilaksanakan pada Jumat, 20 Mei 2022.

Dalam forum tersebut, masing-masing perwakilan mahasiswa juga menyampaikan aspirasinya kepada MWA UM agar dapat disampaikan kepada ketiga calon rektor maupun rektor terpilih nantinya. Acara ini diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara oleh perwakilan mahasiswa dari setiap fakultas/sekolah dan perwakilan UKM, serta penandatanganan Pakta Integritas oleh MWA UM. Pakta integritas ini sebagai bentuk komitmen MWA UM kepada mahasiswa UGM bahwa akan melaksanakan mandat yang diberikan sebaik mungkin.

Berita terkait :

UGM Masuk 10 Besar Dunia Kampus Paling Top di Instagram Versi Emplifi

Pakar UGM : Paparan Sinar Matahari Pengaruhi Suasana Hati

Wow, Lulusan Tercepat S2 UGM, 1 Tahun, 1 Bulan, 27 Hari

UGM Tawarkan 30 Prodi Soshum di SBMPTN 2022, Simak Peminat Paling Banyak

Daya Tampung UGM 2.690 Mahasiswa di SBMPTN 2022, Simak Prodi Sepi dan Banyak Peminat

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image