Buntut Isu Bocornya Soal UTBK-SBMPTN 2022, LTMPT akan Beri Sanksi Peserta yang Lakukan Kecurangan

Info Kampus  
  Tim Pelaksana LTMPTmengeluarkan surat edaran tentangklarifikasi atas beredarnya soal UTBK-SBMPTN 2022 di media sosial. Foto : ltmpt  
Tim Pelaksana LTMPTmengeluarkan surat edaran tentangklarifikasi atas beredarnya soal UTBK-SBMPTN 2022 di media sosial. Foto : ltmpt

KampusDalam beberapa hari terakhir di media sosial beredar foto yang diduga peserta UTBK-SBMPN 2022 di depan layar komputer dengan soal ujian UTBK. Beredarnya informasi tentang soal-soal UTBK-SBMPTN 2022 di media sosial yang dinilai sebagai bentuk kebocoran soal membuat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bereaksi. LTMPT menyatakan akan memberi sanksi tegas kepada peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang melakukan kecurangan.

“LTMPT menegaskan bahwa peserta yang terbukti melakukan kecurangan pasti akan diberi sanksi tegas,” demikian bunyi surat Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 08/SE.LTMPT/2022 Tentang Klarifikasi Atas Beredarnya Soal UTBK-SBMPTN 2022 di Media Sosial yang ditandatangani Ketua LTMPT Mochamad Ashari pada 19 Juni 2022

Konten terkait : Buka Laman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id untuk Lihat Pengumuman UTBK-SBMPTN 2022 pada 23 Juni

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Surat edaran itu ditujukan kepada Peserta UTBK-SBMPTN 2022 dan masyarakat seluruh Indonesia. Surat edaran diposting di laman ltmpt.ac.id dan media sosial LTMPT.

Ada tiga poin yang disampaikan LTMPT terkait dengan dugaan kebocoran soal UTBK-SBMPTN 2022 itu.

1. LTMPT menegaskan bahwa selama pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 baik Gelombang 1 maupun Gelombang 2 sejumlah 28 sesi sama sekali tidak terjadi kebocoran soal. Hal ini disebabkan LTMPT telah merancang soal UTBK-SBMPTN 2022 berbeda untuk setiap sesi. Artinya, tidak ada soal UTBK-SBMPTN 2022 yang sama antarsesi.

2. Beredarnya foto-foto soal UTBK-SBMPTN 2022 di media sosial diduga disebabkan adanya upaya sejumlah oknum peserta UTBK yang berniat melakukan kecurangan. Namun, LTMPT memastikan upaya curang dimaksud tidak berpengaruh terhadap keakuratan penilaian hasil UTBK sebagai bahan seleksi jalur SBMPTN 2022.

3. LTMPT menegaskan bahwa peserta yang terbukti melakukan kecurangan pasti akan diberi sanksi tegas. Terhadap berbagai dugaan pelanggaran dan/atau kecurangan, baik yang bersumber dari Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU), sistem UTBK-SBMPTN 2022, laporan masyarakat termasuk info yang beredar di media sosial, dan analisis kecurangan, LTMPT melakukan proses pendalaman dengan melakukan pemeriksaan terhadap bukti-bukti yang tersedia. Peserta dan oknum yang terlibat dalam kecurangan akan dituntut dan diberi sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik sanksi administrasi maupun pidana.

UTBK-SBMPTN 2022 sudah dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang I digelar 17 - 23 Mei 2022. UTBK Gelombang II dilaksanakan 28 Mei - 03 Juni 2022. Pengumuman hasil SBMPTN 2022 akan dilaksanakan pada 23 Juni 2022.

Baca juga :

Pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi Universitas Negeri Padang (UNP) Dibuka, Cek Syaratnya

Unand Buka Lima Jalur Mandiri SIMA, Cek Syarat dan Biaya Pendaftara

Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri UPN Jakarta Dibuka, Ini Info Lengkapnya

Pendaftaran Jalur Prestasi Universitas Brawijaya Masih Dibuka, Ini Prodi yang Bisa Dipilih

Jalur Mandiri SIMAK UI 2022 Sudah Dibuka, Ini Link Pendaftaran, Tata Cara, dan Biayanya

Pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi Universitas Negeri Padang (UNP) Dibuka, Cek Syaratnya

Seleksi Mandiri Unpad Jalur Prestasi Nilai Harus di Atas KKM, Yuk Daftar

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image