Pengumuman SBMPTN 2022, Lulus atau Tidak Lulus ? Begini Tips Menyikapinya

Info Kampus  
LTMPT akan mengumumkan hasil SBMPTN 2022 pada Kamis 23 Juni 2022 mulai pukul 15.00 WIB. Foto : ltmpt
LTMPT akan mengumumkan hasil SBMPTN 2022 pada Kamis 23 Juni 2022 mulai pukul 15.00 WIB. Foto : ltmpt

Kampus—Sobat Kampus peserta UTBK-SBMPTN 2022 tentu harap-harap cemas menunggu pengumuman SBMPTN 2022. Sesuai jadwal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), SBMPTN 2022 diumumkan pada Kamis 23 Juni 2022 mulai pukul 15.00 WIB.

Pengumuman SBMPTN 2022 dilakukan melalui link https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ dan 32 link mirror lainnya. Sobat tinggal membuka salah satu link itu, lalu memasukkan nomor peserta pada kolom yang telah disediakan. Setelah itu mengisi tanggal lahir. Setelah mengklik 'Hasil', sobat akan tahu apakah lulus atau tidak.

Baca juga : Ini Link Utama dan 32 Link Mirror untuk Melihat Pengumuman SBMPTN 2022

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Agar tidak kaget menghadapi pengumuman SBMPTN 2022 ini tips yang bisa Sobat Kampus lakukan sebelum dan sesudah melihat pengumuman .

1. Jangan Terburu-buru Melihat Pengumuman

Biasanya pada menit-menit awal link pengumuman SBMPTN akan penuh. Ada kemungkinan server mengalami kelambanan atau bahkan down. Ini karena para peserta secara serentak membuka link pengumuman SBMPTN pada detik-detik pertama.

Agar lancar berilah jeda waktu untuk melihat pengumuman. Jika SBMPTN diumumkan pada pukul 15.00 WIB, lihat pengumuman beberapa menit setelah lewat waktu itu.

2 Jangan Bertumpu pada Laman Utama

Besar kemungkinan para peserta akan menyerbu link utama https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ . Akibatnya sobat akan kesulitan untuk masuk, atau tidak bisa sama sekali. Untuk menghindari kesulitan itu gunakan 32 link mirror yang disediakan.

Melihat hasil SBMPTN di link mirror sama saja dengan link utama. Pilih link mirror yang kira-kira tidak penuh.

3. Siapkan Mental dengan Hasil SBMPTN

Hanya ada dua kemungkinan hasil SBMPTN 2022. Kemungkinan pertama Sobat Kampus diterima di PTN yang diinginkan, kemungkinan kedua sobat belum berjodoh dengan PTN yang dipilih.

Apapun hasilnya, yakinlah itu yang terbaik untuk sobat.

4. Jangan Terlalu Gembira Jika Lulus

Jika Sobat lulus SBMPTN 2022 mengungkapkan rasa bahagia tentu boleh saja. Tapi usahakan mengungkapkan kegembiran itu sewajarnya saja. Tidak perlu membuat status yang aneh-aneh yang menyinggung orang lain di media sosial.

Berusahalah sedikit empati dengan teman-teman yang tidak lulus SBMPTN. Ingatkan sebagian besar peserta SBMPTN itu tak seberuntung sobat.

5. Jangan Sedih Berlebihan Jika tidak Lulus

Sendainya tidak lulus SBMPTN 2022 bukan berarti dunia kiamat. Boleh bersedih tapi jangan lama-lama. Jika sobat kampus masih mengejar masuk PTN masih ada kesempatan melalui jalur mandiri. Cepatlah move on.

6. Menyiapkan Langkah Berikutnya

Jika lulus, sobat mesti menyiapkan untuk daftar ulang dan memulai kuliah. Siapkan kebutuhan yang diperlukan saat kuliah nanti. Jika sobat berasal dari luar kota PTN mulailah mencari informasi untuk kost.

Jika sobat tidak lulus, juga siapkan langkah apa yang akan dilakukan. Apakah akan ikut jalur mandiri, atau mendaftar di swasta. Bisa juga sobat memilih untuk mengikuti SBMPTN tahun depan (gap year). Yang penting semua itu dilakukan dengan persiapan dan pertimbangan yang matang.

7. Banyak Berdoa

Banyak berdoa dan bersyukur jika soba lulus di SBMPTN 2022. Jangan lupa berterima kasih kepada siapapun yang turut andil dalam kelulusan sobat.

Jika belum lulus berdolah agar sobat mendapatkan hasil lebih baik pada kesempatan ujian berikutnya. Jangan pernah patah semangat.

Nah itu tips yang bisa sobat lakukan menghadapi pengumuman SBMPTN 2022. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Buka Laman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id untuk Lihat Pengumuman UTBK-SBMPTN 2022 pada 23 Juni

Pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi Universitas Negeri Padang (UNP) Dibuka, Cek Syaratnya

Unand Buka Lima Jalur Mandiri SIMA, Cek Syarat dan Biaya Pendaftara

Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri UPN Jakarta Dibuka, Ini Info Lengkapnya

Pendaftaran Jalur Prestasi Universitas Brawijaya Masih Dibuka, Ini Prodi yang Bisa Dipilih

Jalur Mandiri SIMAK UI 2022 Sudah Dibuka, Ini Link Pendaftaran, Tata Cara, dan Biayanya

Seleksi Mandiri Unpad Jalur Prestasi Nilai Harus di Atas KKM, Yuk Daftar

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image