10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, WUR, dan UniRank

Info Kampus  
Ada 13 kampus di Indonesia yang muncul dalam peringkat 10 besar kampus terbaik di tiga lembaga pemeringkatan. Ilustrasi. Foto : republika
Ada 13 kampus di Indonesia yang muncul dalam peringkat 10 besar kampus terbaik di tiga lembaga pemeringkatan. Ilustrasi. Foto : republika

Kampus—Sejumlah lembaga melakukan pemeringkatan terhadap kampus di seluruh dunia termasuk Indonesia. Masing-masing lembaga menggunakan indikator yang berbeda untuk merangking perguruan tinggi.

Kendati menggunakan indikator yang berbeda, namun banyak persamaan kampus yang masuk dalam peringkat atas di tiga lembaga perangkingan Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) , Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings, dan University Rankings (UniRank).

Pada tahun 2022, ada 13 kampus yang muncul dalam kelompok 10 besar perangkingan di Webometrics, QS WUR, dan UniRank. Sebanyak 11 kampus adalah universitas negeri, sedangkan kampus swasta hanya ada dua.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ada enam kampus yang selalu muncul di tiga lembaga pemeringkatan. Keenam kampus itu adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga, dan IPB University,

 

Kampus yang muncul di dua lembaga ada lima, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Sebelas Maret, Sedangkan kampus yang muncul di salah satu lembaga pemeringkatan ada dua, yakni Universitas Syiah Kuala dan Universitas Telkom.

Berikut adalah 10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometric, UniRank, dan WUR. Data diolah dari laman ketiga lembaga tersebut. Angka pertama menunjukkan peringkat di Indonesia dan angka kedua menunjukkan ranking dunia.

Webometrics

Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) menilai sekitar 31 ribu kampus yang dinilai di seluruh dunia, baik negeri maupun swasta. Webometrics, menyebutkan ada tiga indikator penilaian dalam menentukan peringkat perguruan tinggi. Yakni impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence. Pengumuman pemeringkatan Webometrics dilakukan dua kali dalam setahun, yakni pada edisi Januari dan Juli.

10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

1. Universitas Indonesia 603

2. Universitas Gadjah Mada 696

3. Universitas Brawijaya 914

4. IPB University 969

5. Universitas Airlangga 1.019

6. Universitas Sebelas Maret 1.059

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 1.196

8. Universitas Syiah Kuala 1.228

9. Universitas Telkom 1.436

10. Institut Teknologi Bandung 1.593

Berikutnya : QS WUR

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image