10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia tahun 2022 Versi Webometrics dan UniRank

Info Kampus  
Lembaga pemeringkatan Webometrics dan UniRank membuat pemeringkatan kampus di seluruh dunia, baik kampus negeri maupun kampus swasta. Ilustrasi. Foto : republika
Lembaga pemeringkatan Webometrics dan UniRank membuat pemeringkatan kampus di seluruh dunia, baik kampus negeri maupun kampus swasta. Ilustrasi. Foto : republika

Kampus—Kampus swasta di Indonesia menunjukkan kualitas yang tak kalah dibandingkan dengan kampus negeri. Data dari sejumlah lembaga pemeringkatan menunjukan peringkat sejumlah kampus swasta atau perguruan tinggi swasta lebih baik dibandingkan dari kampus negeri.

Mana kampus swasta terbaik di Indonesia ? Hasil pemeringkatan dua lembaga Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) dan UniRank menunjukkan hasil yang hampis sama. Ada sejumlah kampus swasta yang masuk dalam peringkat teratas di kedua lembaga tersebut.

Ada delapan kampus swasta yang masuk dalam ranking 10 besar di Webometrics dan UniRank. Kampus swasta tersebut adalah Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Mercu Buana, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gunadarma, dan Universitas Dian Nuswantoro,

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sedangkan empat kampus lain yakni Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan Universitas Kristen Satya Wacana masuk di 10 besar di salah satu lembaga.

Berikut adalah 10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2022 Versi Webometric dan UniRank. Data diolah dari laman kedua lembaga tersebut.

10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2022 Versi Webometrics

1. Universitas Telkom

2. Universitas Bina Nusantara

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

4. Universitas Mercu Buana

5. Universitas Islam Indonesia

6. Universitas Muhammadiyah Malang

7. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

8. Universitas Gunadarma

9. Universitas Kristen Satya Wacana

10. Universitas Dian Nuswantoro

Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) menilai sekitar 31 ribu kampus yang dinilai di seluruh dunia, baik negeri maupun swasta. Webometrics, menyebutkan ada tiga indikator penilaian dalam menentukan peringkat perguruan tinggi.

Yakni impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence. Pengumuman pemeringkatan Webometrics dilakukan dua kali dalam setahun, yakni pada edisi Januari dan Juli.

Berikutnya : 10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi UniRank

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image