Loloskan 47 Tim, UGM Paling Banyak Kirim Peserta PKM ke PIMNAS 2022

Info Kampus  
Sebanyak 374 tim dari 97 perguruan tinggi di Indonesia lolos PIMNAS tahun 2022. Foto : puspresnas
Sebanyak 374 tim dari 97 perguruan tinggi di Indonesia lolos PIMNAS tahun 2022. Foto : puspresnas

Kampus—Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi dengan peserta terbanyak maju ke Pekan Ilmah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 tahun 2022. UGM berhasil meloloskan 47 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ke PIMNAS 2022.

Sebanyak 374 tim dari 97 perguruan tinggi di Indonesia lolos PIMNAS tahun 2022. Ke-374 tim ini sebelumnya telah melalui serangkaian seleksi bersaing dengan ribuan tim lainnya.

Baca juga : 374 Tim Lolos ke PIMNASTahun 2022, Cek Ketentuan dan Jadwalnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam PIMNAS 2022 ini UGM menduduki urutan pertama sebagai peserta terbanyak yang meloloskan tim PKM yakni sebanyak 47 tim. Selanjutnya diikuti IPB 34 tim, Universitas Brawijaya 32 tim, ITS 30 tim, dan Universitas Negeri Malang 20 tim.

PIMNAS merupakan event resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemdikbudristek dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Event ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional.

PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PIMNAS akan dilaksanakan secara luring di Universitas Muhammadiyah Malang, pada tanggal 30 November-4 Desember 2022.

Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr Arie Sujito, menyampaikan lolosnya 47 tim PKM UGM ke PIMNAS 2022 diharapkan bisa menjadi kekuatan yang dapat memompa spirit untuk menghasilkan karya dan prestasi terbaik. Kerja keras tim PKM UGM nantinya diharapkan tidak hanya menghasilkan prestasi yang bermakna tidak hanya bagi tim, namun juga bagi UGM dan bangsa.

Arie mengatakan soliditas kerja keras tim, dibimbing dosen dan fasilitasi dari UGM akan terus menjadi energi kolektif untuk terus mengembangkan kualitas karya para mahasiswa. Dengan semangat juara yang dimiliki mahasiswa UGM harapannya bisa mendorong pencapaian prestasi yang lebih luas lagi.

"Selamat bagi mahasiswa dan teruslah berusaha sebaik mungkin, yang terbaik bagi UGM dan bangsa," tuturnya, Sabtu (15/10/22) seperti dikutip dari laman ugm.ac.id.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Dr Suherman, menjelaskan pada tahun 2022 ini UGM mengirimkan sebanyak 500 judul PKM ke Dikti sesuai dengan kuota perguruan tinggi klaster 1. Dari jumlah proposal yang dikirimkan tersebut, sebanyak 84 judul PKM mendapat pendanaan dan 33 judul PKM mendapat insentif

"Jadi, total ada 117 judul atau tim yang lolos didanai untuk menjalankan programnya. Dari jumlah itu diseleksi lagi dan ada 47 tim yang lolos melaju ke PIMNAS," terangnya.

Sebanyak 47 tim yang lolos maju ke PIMNAS meliputi tiga tim PKM Kewirausahaan, sembilan tim PKM Karsa Cipta, empat tim PKM Video Gagasan Konstruktif, sembilan tim PKM Riset Eksakta, dan sembilan tim PKM Riset Sosial Humaniora. Lalu, tiga tim PKM Penerapan Iptek, enam tim PKM Pengabdian Masyarakat, satu tim PKM Karya Inovatif, serta tiga tim PKM Gagasan Tertulis.

Baca juga :

Ini Pemenang Pilmapres Tingkat Nasional 2022, Ada dari Kampusmu ?

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

25 Kampus Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023, Ada Enam Kampus Swasta

120 Peserta Lolos Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) Jenjang SMP, Cek Sekolahnya di Sini

Jawa Timur Juara Umum OSN 2022, Ini Daftar Lengkap Perolehan Medali Semua Provinsi

Ini Daftar Lengkap Pemenang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022, Cek Adakah dari Sekolahmu ?

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

123

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image