Madrasah Raih 28 Penghargaan LKIR dan National Young Inventors Award BRIN 2022, Ini Daftarnya

Sekolah  
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah mengumumkan pemenang hasil lomba LKIR dan NYIA 2022, sebanyak 28 penghargaan diraih oleh madrasah. Foto : kemenag.go.id
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah mengumumkan pemenang hasil lomba LKIR dan NYIA 2022, sebanyak 28 penghargaan diraih oleh madrasah. Foto : kemenag.go.id

Kampus—Prestasi madrasah makin menterang di bidang akademik maupun nonakademik. Terakhir, madrasah meraih 28 penghargaan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Award (NYIA) 2022. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah mengumumkan pemenang hasil lomba setelah peserta menjalani pameran virtual dan penjurian pada 25-28 Oktober 2022.

Alhamdulillah, ada 28 penghargaan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN yang diraih siswa madrasah pada Lomba Karya Ilmiah Remaja dan National Young Inventors Award 2022,” kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaa (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi di Jakarta, Senin (31/10/22).

Jumlah itu terdiri dari 17 penghargaan pada Lomba Karya Ilmiah Remaja, dan 11 penghargaan pada National Young Inventors Award tahun 2022. Isom, seperti dilansir kemenag.go.id mengatakan total ada 57 penghargaan yang diumumkan oleh BRIN. Artinya, hampir 50% penghargaan yang tersedia, diraih oleh siswa madrasah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Ini jelas membanggakan. Sebab, ajang ini bersifat nasional dan digelar oleh lembaga sekaliber BRIN. Pada akhirnya, madrasah semakin kompetitif, berdaya saing tinggi, dan siap menghadirkan talenta-talenta berprestasi untuk negeri," lanjutnya.

Isom mengaku pihaknya terus berupaya menggali dan mengoptimalkan potensi siswa melalui berbagai macam rangkaian program. Tujuannya, mengembangkan dan merangsang kreativitas dan inovasi siswa madrasah.

“Madrasah sekarang ini sudah mulai menunjukkan eksistensinya di berbagai macam ajang perlombaan, baik itu bersifat akademik maupun non akademik, mulai dari prestasi tingkat regional, nasional, hingga internasional,” tandasnya.

LKIR merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi siswa SMP dan SMA, maksimal Kelas XII pada saat presentasi finalis. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka dalam menganalisa permasalahan dalam mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini sebelum membuat proposal penelitian. Ada empat bidang yang dilombakan, yakni Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Hayati, Ilmu Pengetahuan Teknik, serta Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan.

Sedangkan NYIA adalah ajang kompetisi bagi remaja (siswa setingkat SD, SMP, dan SMA) dalam melakukan inovasi dan invensi di bidang teknologi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, memberikan apresiasi dan menggali potensi remaja di bidang inovasi teknologi. Lomba tingkat nasional ini juga sebagai ajang untuk menjaring inventor remaja berpartisipasi pada kompetisi tingkat regional maupun internasional. Kategori karya invensi dalam NYIA mencakup Manajemen Bencana, Edukasi dan Rekreasi, Pangan dan Pertanian, Teknologi Ramah Lingkungan, Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan, Teknologi bagi Penyandang Disabilitas dan Kebutuhan Khusus, serta Teknologi Informasi dan Komputasi.

Berikutnya : Daftar Siswa Madrasah Peraih Penghargaan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) BRIN 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image