Info Kampus

10 Contoh Soal Penalaran Umum SNPMB 2023 Jalur UTBK-SNBT dan Pembahasannya

Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 mengujikan Tes Kemampuan Penalaran Umum. Foto : snpmb
Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 mengujikan Tes Kemampuan Penalaran Umum. Foto : snpmb

Kampus—Tes penalaran umum adalah bagian dari Tes Potensi Skolastik (TPS) pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 untuk jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) . Tes Kemampuan Penalaran Umum terdiri dari Penalaran Induktif, Penalaran Deduktif, dan Penalaran Kuantitatif.

Komponen Kemampuan Penalaran Umum dalam TPS menguji kemampuan seseorang untuk secara terarah dan terkendali menggunakan prosedur-prosedur untuk memecahkan masalah-masalah baru yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dipelajari sebelumnya. Kemampuan yang diujikan mencakup:

1. Kemampuan memecahkan masalah-masalah baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Kemampuan bernalar secara abstrak yang tidak semata-mata merupakan hasil dari pembelajaran sebelumnya

Baca juga : Apa Itu Tes Potensi Skolastik yang Akan Diujikan di UTBK-SNBT 2023 ?

Pengujian dilakukan untuk menilai bagaimana seseorang dapat berpikir secara induktif, deduktif, serta bagaimana seseorang dapat bernalar dengan menggunakan angka-angka yang disebut sebagai kemampuan penalaran kuantitatif. Penalaran Induktif akan terdiri dari 10 soal dalam waktu 10 menit. Penalaran Deduktif terdiri dari 10 soal dalam waktu 10 menit. Demikian juga dengan Penalaran Kuantitatif, terdiri dari 10 soal dalam waktu 10 menit.

Berikut adalah contoh Soal Penalaran Umum SNPMB 2023 jalur UTBK-SNBT beserta pembahasan soalnya. Contoh soal diunduh dari laman SNPMB Badan Pengelola Pengujian Pendidikan (BP3).

Baca juga : 10 Contoh Soal Literasi dalam Bahasa Indonesia UTBK-SNBT 2023 dan Pembahasan Soalnya

Berikutnya : Contoh Soal Penalaran Umum SNPMB 2023 jalur UTBK-SNBT

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news