Serba Serbi

Begini Persiapan Tes untuk Mendapatkan Sertifikat Bahasa Inggris dengan Duolingo English Test

Sertifikat Duolingo English Test telah diakui oleh beberapa kampus di luar negeri. Foto : duolingo
Sertifikat Duolingo English Test telah diakui oleh beberapa kampus di luar negeri. Foto : duolingo

Kampus—Sobat Kampus tau gak sih kalau Duolingo sekarang menjadi salah satu sertifikat yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris ? Sertifikat Duolingo English Test ini telah diakui oleh beberapa kampus di luar negeri.

Duolingo English Test ini merupakan online english test yang digunakan untuk mengukur kecakapan bahasa Inggris seseorang. Skor Duolingo English Test ini sudah setara dengan TOEFL iBT dan IELTS.

Bentuk tes Duolingo dapat dilakukan dengan membeli paket untuk mengikuti tes seharga 49 dolar AS. Kemudian, peserta tes harus mengunduh aplikasi Duolingo English Test pada website englishtest.duolingo.com dan mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang telah dipilih.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nantinya, skor yang keluar dari Duolingo English Test ini dapat digunakan sebagai salah satu syarat berkas bagi Sobat Kampus ketika hendak mendaftar ke universitas di luar negeri, beasiswa kuliah, bahkan untuk persiapan kerja.

Pihak Duolingo English Test menyelenggarakan webinar English Test “Study abroad with the Duolingo English Test: getting prepared” pada Senin (06/02/ 2023). Pada webinar ini dipaparkan beberapa informasi terkait tes tersebut beserta dengan tips and trick yang perlu diketahui.

Mr Ross Thorburn selaku Duolingo Englist Test (DET) Teacher Trainer, menjelaskan bahwa dalam tes ini hanya memakan waktu 1 jam dengan 13 jenis tipe pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul terintegrasi oleh sistem AI (Artificial Intelligence) sehingga setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda.

Terkait dengan hasil penilaian pada open response questions, Ross menjelaskan bahwa aspek yang dinilai dalam kemampuan bahasa Inggris peserta tes adalah keakuratan gramatikal, kompleksitas gramatikal, kecanggihan leksikal, keragaman leksikal, relevansi tugas, kelancaran, dan pengucapan.

Berikut adalah kesalahan umum yang dilakukan oleh para peserta tes yang dijelaskan dalam webinar :

1. Tidak melihat ke arah monitor

Peserta sebisa mungkin harus tetap fokus pada saat mengerjakan tes dan tidak celingak-celinguk atau berpaling dari monitor.

2. Menggunakan aplikasi eksternal

Pada saat pengerjaan tes, peserta diwajibkan hanya membuka satu aplikasi, yang mana hanya aplikasi Duolingo English Test. Selain itu, peserta wajib menutup browser dan aplikasi-aplikasi lainnya, serta mematikan notifikasi dari aplikasi yang ada pada perangkat. Peserta juga tidak diperkenankan untuk menggunakan aplikasi pengecekan gramatikal, seperti Grammarly dan sejenisnya.

3. Gangguan

Saat melaksanakan tes, tidak ada orang lain yang diperbolehkan masuk ke ruangan tes peserta ataupun hanya sekadar lewat.

4. Mengingat jawaban

Peserta Duolingo English Test tidak diperbolehkan mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan dalam soal dari sumber lain. Pihak DET memiliki aplikasi untuk mendeteksi jawaban yang ditulis dan diucapkan oleh peserta tes. Maka dari itu, pastikan itu adalah jawaban kalian sendiri

Hasil tes ini selanjutnya dapat dilihat pada englishtest.duolingo.com/scores.

Nah itu tadi beberapa informasi seputar Duolingo English Test buat Sobat Kampus yang sedang mempersiapkan IISMA, beasiswa, ataupun aktivitas lainnya. Tunggu konten Kampus Republika selanjutnya, ya, untuk bocoran tips and trick Duolingo English Test dari pakarnya.

(Annida)

Baca juga :

Cek 10 Contoh Soal Literasi dalam Bahasa Inggris UTBK-SNBT 2023 dan Pembahasannya

Ingin Kuliah di Luar Negeri Tapi Bahasa Inggris Masih Belepotan ? Ikut Beasiswa Training Bahasa Saja

Siapa Mau ? Ada Beasiswa Kursus Bahasa Asing Gratis untuk Jurnalis

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news