Sekolah

Ini Raihan Medali Lima Provinsi di OSN 2023, DKI Memimpin dengan 71 Medali

Provinsi DKI Jakarta sebagai juara umum OSN 2023 dengan perolehan 71 medali. Foto : puspresnas
Provinsi DKI Jakarta sebagai juara umum OSN 2023 dengan perolehan 71 medali. Foto : puspresnas

Kampus--Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2023 untuk jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah usai digelar. OSN 2023 menempatkan Provinsi DKI Jakarta sebagai juara umum dengan perolehan 71 medali.

Babak final OSN 2023 digelar secara luring 27 Agustus hingga 2 September 2023. OSN jenjang SD/MI dan SMP/MTs digelar secara daring. Sedangkan OSN jenjang SMA/MA digelar secara luring di Bogor Jawa Barat.

Baca juga :

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

DKI Jakarta Juara Umum OSN 2023, Kalahkan Juara Bertahan Jawa Tengah | kampus (republika.co.id)

Daftar Lengkap Pemenang OSN 2023 Jenjang SMA Bidang Astronomi, Siswa Asal DKI Jakarta Mendominasi | kampus (republika.co.id)

Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, berpesan kepada peserta untuk terus menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia yang tertarik dalam dunia sains. Kepada para siswa yang belum berhasil meraih medali, Tatang mengatakan, ajang ini bukan merupakan akhir perjalanan sehingga tidak perlu meruntuhkan semangat untuk terus maju meraih keberhasilan yang tertunda. Ia berpesan, setiap tantangan dalam perjalanan meraih kesuksesan dapat dijadikan sebagai batu pijakan untuk melampaui batasan-batasan yang ada dan jangan pernah ragu dengan kemampuan diri sendiri.

“Dalam diri adik-adik semua, terdapat potensi yang luar biasa: semangat, kerja keras, dedikasi, dan ketekunan akan menjadi sumber daya yang luar biasa. Teruslah berjuang penuh semangat, dan yakinlah bahwa masa depan penuh peluang sedang menunggu adik-adik semua,” tutur Tatang saat penutupan OSN 2023 Jumat (01/9/2023) seperti dilansir laman puspresnas.

Adapun bidang lomba yang dikompetisikan pada OSN 2023, untuk jenjang SD/MI terdiri dari dua bidang lomba yaitu Matematika dan IPA. Untuk jenjang SMP/MTs terdiri dari tiga bidang lomba yaitu Matematika, IPA, dan IPS. Sementara itu, untuk jenjang SMA/MA terdiri dari sembilan bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Dari 1.475 peserta OSN 2023 tingkat nasional dari 38 provinsi di Indonesia, 230 di antaranya merupakan peserta jenjang SD/MI, 354 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta pada jenjang SMA/MA. Di samping itu, terdapat 15 peserta dari lima Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yaitu SILN Malaysia, SILN Singapura, SILN Myanmar, SILN Saudi Arabia, dan SILN Den Haag-Belanda.


Perolehan Medali Lima Provinsi pada OSN 2023

1. Provinsi DKI Jakarta

• 17 medali emas, 30 medali perak, 24 medali perunggu

2. Provinsi Jawa Timur

• 9 emas, 23 medali perak, 27 medali perunggu

3. Provinsi Banten

• 9 medali emas, 18 medali perak,12 medali perunggu

4. Provinsi DI Yogyakarta

• 7 medali emas, 4 medali perak, 9 medali perunggu

5. Provinsi Jawa Barat

• 6 medali emas, 11 medali perak, 29 medali perunggu

Selain mengikuti kompetisi, pada OSN 2023, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan wisata edukasi ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti di Komplek Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, dan juga Museum Zoologi. Di samping itu, para peserta, guru, dan masyarakat juga diberikan kesempatan untuk menyaksikan dan meneropong Super Blue Moon di SMA Negeri 7 Kota Bogor.


Baca jugas :

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 Dibuka Besok, 374 Siswa Madrasah Berkompetisi | kampus (republika.co.id)

Kemendikbudristek Buka Seleksi Pengisian PNS Daljab Administrasi dan Fungsional 2023 | kampus (republika.co.id)

BAZNAS Tawarkan Beasiswa Riset untuk Mahasiswa Program D3 Sampai S3 | kampus (republika.co.id)

Jawa Timur Juara Umum OSN 2022, Ini Daftar Lengkap Perolehan Medali

345 Siswa SMP dan 230 Siswa SD akan Ikuti OSN Tingkat Nasional, Cek Jadwalnya | kampus (republika.co.id)

MK Bolehkan Kampanye Politik di Kampus, Ini Tanggapan Dosen Unair | kampus (republika.co.id)

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui komen di bawah ini atau e-mail : kampus.republika@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news