Jangan Terlewat, Ini Tahap-Tahap Pendaftaran SNMPTN

Info Kampus  

Sejumlah calon mahasiswa yang lolos SNMPTN mengantre untuk melakukan pendaftaran beberapa tahun lalu. Foto : Antara

Proses masuk perguruan tinggi negeri melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dibuka. Jangan lupa jadwa proses masuknya agar tidak tertinggal.

SNMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi yang dikenal tanpa tes atau diseleksi berdasarkan nilai rapor dari siswa-siswi yang memenuhi persyaratan di setiap SMA se-Indonesia. SNMPTN ini tidak dikenakan biaya untuk mendaftarnya. Adapun persyaratan peserta SNMPTN yang dapat mendaftar menurut pengumuman di laman https://ltmpt.ac.id/ adalah sebagai berikut :

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

a. Peserta SNMPTN merupakan siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2022 dan memiliki NISN serta terdaftar di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)

b. Siswa-siswi tersebut harus memiliki prestasi akademik yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang ditentukan oleh tiap PTN tujuan, dibuktikan dengan memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan oleh pihak sekolah di PDSS

c. Peserta SNMPTN yang memilih program studi di bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio

Sementara itu, peserta SNMPTN dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Peserta SNMPTN yang memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. Sedangkan, bagi peserta SNMPTN yang memilih dua program studi, salah satu pilihan PTN-nya harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal peserta. Para peserta SNMPTN juga disarankan tidak memilih program studi yang lintas minat dari jurusan di sekolah asalnya.

Terdapat pula jadwal yang harus diperhatikan oleh para siswa yang memiliki kesempatan untuk mendaftar melalui jalur SNMPTN.

· Pendaftaran Akun LTMPT

1. Pendaftaran Akun LTMPT Sekolah : 04 Januari - 08 Februari 2022

2. Pendaftaran Akun LTMPT Siswa : 10 Januari - 15 Februari 2022

· SNMPTN

1. Penetapan Siswa Eligible oleh Sekolah : 04 Januari - 08 Februari 2022

2. Pengisian PDSS oleh Sekolah : 08 Januari - 08 Februari 2022

3. Pendaftaran SNMPTN : 14 - 28 Februari 2022

4. Pengumuman Hasil SNMPTN : 29 Maret 2022

Semua kegiatan yang berlangsung pada hari yang terjadwal akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB

Bagi kalian para siswa eligible SNMPTN, Kampus Republika sampaikan salam semangat untuk mencapai universitas impian. (annida)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image