Universitas Pertamina Tawarkan Tiga Program Beasiswa Untuk Siswa SMA

Beasiswa  
Universitas Pertamina  memiliki  program studi  rumpun sains dan teknologi dan program studi rumpun sosial dan humaniora. Foto : Universitas Pertamina.
Universitas Pertamina memiliki program studi rumpun sains dan teknologi dan program studi rumpun sosial dan humaniora. Foto : Universitas Pertamina.

Kampus.republika.co.id—Universitas Pertamina menawarkan beasiswa kepada siswa siswi Sekolah Menengah Atas. Ada tiga bentuk beasiswa yang ditawarkan, Beasiswa Future Leaders, Beasiswa Karakter Unggulan, dan Beasiswa Generasi Juara.

Universitas Pertamina merupakan kampus swasta non-kedinasan yang berada di bawah naungan Yayasan Pertamina. Tak hanya program studi teknik di rumpun sains dan teknologi, Universitas Pertamina juga memiliki program studi rumpun sosial dan humaniora.

Berikut beasiswa yang ditawarkan Universitas Pertamina pada tahun 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beasiswa Future Leaders

 

Beasiswa ini diberikan kepada siswa/i yang memiliki jiwa pemimpin dan pengalaman berorganisasi selama menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, seperti ketua OSIS, ketua acara, sekretaris atau bendahara kegiatan tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional. Calon mahasiswa yang lulus pada jenis beasiswa ini akan dibekali kemampuan kepemimpinan yang memadai dan diharapkan mampu menjadi calon pemimpin, baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Beasiswa Karakter Unggulan

Beasiswa ini merupakan jenis beasiswa Universitas Pertamina yang diberikan kepada siswa/I yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki kekhasan, identitas, keunggulan, pendidikan karakter, serta menjadi pembeda dan ciri khas dibandingkan dengan sekolah lainnya. Sekolah karakter sebagaimana dimaksud contohnya adalah sekolah boarding, sekolah taruna, pesantren atau berasrama, sekolah Afiliasi, dan lain-lain. Calon mahasiswa yang lulus pada jenis beasiswa ini diharapkan menjadi agent of change serta menjadi penggerak baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Beasiswa Generasi Juara

Ini adalah jenis beasiswa Universitas Pertamina yang diberikan kepada siswa/i yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang sangat baik di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Beasiswa ini dibuka bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki prestasi tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional maupun tingkat internasional dalam bidang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama maupun kompetisi mandiri lainnya yang dipertimbangkan oleh Universitas Pertamina.

Bagi yang berminat mendapatkan beasiswa tersebut bisa melakukan pendaftaran secara langsung melalui laman : melalui: beasiswa.universitaspertamina.ac.id. Pendaftaran beasiswa dibuka 25 Januari hingga 27 Februari 2022.

Tentang Universitas Pertamina

Berdasarkan informasi yang tertera dalam laman https://universitaspertamina.ac.id/, Universitas Pertamina (UP) didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada 1 Februari 2016 tentang izin pendirikan Universitas Pertamina. Sementara, peresmian universitas dilakukan pada 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), yang didukung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Pengelolaan Universitas

Pertamina dilakukan oleh Yayasan Pertamina atau Pertamina Foundation. Pertamina Foundation merupakan yayasan yang selama 2012-2014 telah mendanai lebih dari Rp 300 miliar untuk berbagai kegiatan berorientasi pendidikan dan lingkungan hidup antara lain, implementasi Education for Sustainable Development (Sekolah Sobat Bumi), hibah penelitian dan anugerah riset, beasiswa, relawan tenaga pendidikan, dan restorasi lingkungan. Sementara pada 2015, Pertamina Foundation lebih meningkatkan fokus pada program-program pendidikan. Seperti, memperluas cakupan wilayah kerja dan pendanaan program. Selain itu, membangun sistem manajemen program berbasis teknologi informasi dan merintis pendirian Universitas Pertamina. Universitas Pertamina saat ini memiliki 6 Fakultas dan 15 Program Studi strata 1, yaitu:

Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan Program Studi: Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik PerminyakanFakultas Teknologi Industri, dengan Program Studi: Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan Program Studi: Manajemen dan Ekonomi

Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan Program Studi: Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan

Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan Program Studi: Kimia dan Ilmu Komputer

Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan Program Studi: Hubungan Internasional dan Komunikasi. (maya)

Ikuti informasi penting setiap hari dari kampus.republika.co.id. Anda juga dapat berpartisipasi mengisi konten, kirimkan tulisan, foto, info grafis, dan video melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image