Pendaftaran Masuk Pascasarjana Unpad Dibuka, Simak Jadwal dan Syarat Lengkapnya

Info Kampus  
Unpad membuka pendaftaran untuk program Magister, Profesi, Spesialis, Subspesialis, dan Doktor mulai Senin (14/02/2022)
Unpad membuka pendaftaran untuk program Magister, Profesi, Spesialis, Subspesialis, dan Doktor mulai Senin (14/02/2022)

Kampus.republika.id—Berminat untuk melanjutkan kuliah S2 di Unvisersitas Padjadjaran ? Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Pascasarjana Gelombang I Sesi I Tahun Akademik 2022/2023 sudah dibuka mulai Senin (14/2/2022). Pendaftaran dibuka untuk program Magister, Profesi, Spesialis, Subspesialis, dan Doktor.

Ketua Panitia SMUP Anas, PhD menjelaskan, pendaftaran SMUP Pascasarjana tahun ini tetap mengacu pada kebijakan sebelumnya, yaitu pendaftaran dibuka sepanjang tahun. Masa pendaftaran dibagi menjadi dua gelombang. Setiap gelombang terbagi ke dalam tiga sesi.

“Meskipun pendaftaran dibuka tiga sesi, registrasi (administratif) tetap dilakukan sesuai masa registrasi mahasiswa baru, yaitu di Semester Ganjil 2022/2023,” kata Anas seperti dikutip dari laman www.unpad.ac.id

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lebih lanjut Anas menyampaikan, secara umum untuk mendaftar SMUP Pascasarjana, peserta wajib memiliki dokumen berupa ijazah, transkrip, hingga nilai Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI). Peserta akan dianggap layak (eligible) jika dokumen persyaratan yang diajukan dinyatakan lengkap dan valid.

Peserta yang eligible kemudian mengikuti tahap wawancara di tingkat fakultas. Hasil dari wawancara tersebut, peserta akan mendapatkan Letter of Acceptance (LoA). Dokumen LoA ini dapat digunakan peserta untuk melamar beasiswa.

Lebih lanjut Anas menjelaskan, bagi pendaftar yang belum eligible di sesi pertama, Unpad akan mengikutsertakan untuk mendaftar kembali di sesi kedua di gelombang yang sama tanpa dipungut biaya asalkan pendaftar melampirkan persyaratan yang diperlukan.

“Jika di sesi 2 belum eligible, kita ikutkan lagi di sesi 3 tanpa harus membayar. Tetapi setelah ganti gelombang, peserta harus membayar kembali,” tuturnya.

Informasi pendaftaran SMUP Pascasarjana dapat dilihat di laman resmi SMUP. “Kita buka SMUP Pascasarjana untuk semua lulusan, dari ilmu sosial hingga eksakta,” kata Anas.

Berikut informasi pendaftaran masuk Magister Pascasarjana Unpad selengkapnya :

Persyaratan

1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing

2. Lulusan program sarjana yang terakreditasi oleh BAN PT/LAM-PTKes.

3. Memiliki sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA) dari Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadajaran (PIP Unpad) dengan nilai minimal 450 yang masih berlaku, atau Tes Potensi Akademik (TPA) institusi penyelenggara resmi lainnya yang diakui UNPAD yaitu:PLTI HimpsiUGMUNAIRUIBAPENNAS

4. Memiliki sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) UNPAD dengan nilai minimal 450 yang masih berlaku, atau tes kemampuan Bahasa Inggris dari institusi penyelenggara resmi yang diakui UNPAD yaitu:

- International TOEFL (Paper-Based Test) nilai minimal 450;International TOEFL (Internet-Based Test) nilai minimal 45;

- International TOEFL (Computer-Based Test) nilai minimal 135;

- Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) nilai minimal 450;

- International English Language Testing System (IELTS) Academic dari institusi British Council, IALF, dan IDP nilai minimal 4,5.English proficiency dari Duolingo nilai minimal 75.

- Lembaga Bahasa dari ITB atau UPI.

- Sertifikat/ Nilai TKBI di luar lembaga resmi di atas, tidak akan diverifikasi sebagai dokumen otentik dalam proses seleksi.

5. Bagi peserta yang mempunyai publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi (Q1) menurut SJR : Scientific Journal Rankings – SCImago sebagai penulis pertama, tidak diwajibkan memiliki dan mengupload nilai TPA dan TKBI ketika mendaftar.

6. Semua berkas di lampirkan atau di upload di laman SMUP ketika melakukan pendaftaran.

- Bagi yang berminat mengikuti TKA Online yang diselenggarakan oleh PIP Unpad, silahkan akses http://pip.unpad.ac.id/announcement/Tes-Kemampuan-Akademik-TKA.

- Bagi yang telah melakukan pendaftaran dan pembayaran TKA Online mohon memperhatikan petunjuk di bawah ini : Informasi prosedur dan jadwal Tes Kemampuan Akademik di Pusat Inovasi Psikologi UNPAD.

- Bagi yang berminat ingin mengikuti TKBI Online yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Unpad, silahkan akses laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/ .

- Bagi yang telah melakukan pendaftaran dan pembayaran TKBI Online, mohon memperhatikan petunjuk berikut Tata Tertib Peserta TKBI Online SMUP / Panduan Singkat/ User Manual Ujian TKBI Online SMUP

Persyaratan Khusus

Magister Keperawatan Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Unpad hanya menerima dari lulusan S1 Keperawatan Ners dan belum menerima dari lulusan D4 Ners atau Sarjana Terapan (STr).

Prosedur Pendaftaran

1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.

2. Mendaftar dan mengisi data secara online di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:

- Nama Lengkap

- Nomor Induk Kependudukan (NIK) / No. Passport

- Alamat E-Mail

- Nomor Ponsel

- Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP.

- Data Kewarganegaraan (country of citizenship).

- Identitas diri, alamat, data asal pendidikan, data pekerjaan, pilihan jenjang dan program studi.

3. Mengupload dokumen asli sebagai berikut:

1. Ijazah program Sarjana atau Sarjana Terapan

2. Transkrip program Sarjana atau Sarjana Terapan

3. Sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA): Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadajaran (PIP Unpad), PLTI Himpsi, UGM, UNAIR, UI, BAPENNAS. Jika anda ingin mengikuti TKA Online yang diselenggarakan oleh PIP Unpad, silahkan akses http://pip.unpad.ac.id/announcement/Tes-Kemampuan-Akademik-TKA Apabila Anda mendaftar untuk mengikuti ujian TKA di PIP Universitas Padjadjaran, mohon perhatikan petunjuk di bawah ini : Informasi prosedur dan jadwal Tes Kemampuan Akademik di Pusat Inovasi Psikologi UNPAD

4. Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris yang dapat berupa salah satu dari tes berikut:

1. International TOEFL (Paper-Based Test); International TOEFL (Internet-Based Test);

2. International TOEFL (Computer-Based Test);

3. International English Language Testing System (IELTS) Academic;International English Testing System (IELTS) dari institusi seperti British Council, IALF, atau IDPTes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) UNPADTest of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI)

4. Jika Anda ingin mengikuti TKBI Online yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Unpad, silahkan akses laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/ . Apabila Anda mendaftar untuk mengikuti ujian TKBI Online di Universitas Padjadjaran dan telah melakukan pembayaran biaya ujian TKBI Online, mohon perhatikan petunjuk berikut : Tata Tertib Peserta TKBI Online SMUP /Panduan Singkat/ User Manual Ujian TKBI Online SMUP.

5. Dokumen TKA dan TKBI di No. 3 dan No. 4 dapat diganti dengan mengupload publikasi makalah di jurnal internasional bereputasi Q1 menurut SJR : Scientific Journal Rankings – SCImago sebagai penulis pertama.

6. Statement of Purpose (Pernyataan Tujuan) dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang memuat hal sebagai berikut:

1. Perkenalkan diri, minat dan motivasi Anda (Introduce yourself, your interests and motivations.)

2. Jelaskan dengan singkat perjalanan studi sarjana dan pascasarjana Anda (Summarize your undergraduate and previous graduate career)

3. Diskusikan relevansi dari aktivitas dan kegiatan Anda belakangan ini (Discuss the relevance of your recent and current activities)

4. Jelaskan minat akademis Anda (Elaborate on your academic interests)

7. Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm

8. Kartu Tanda Penduduk

9. Kartu Keluarga

10. Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan diverifikasi oleh panitia seleksi.

4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online sebesar Rp. 600.000. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login Melakukan tes wawancara secara online dengan media video conference sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kriteria Penilaian

Dalam menentukan mahasiswa yang akan diterima, panitia seleksi akan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

- Kinerja akademik sebelumnya

- Nilai Tes Kemampuan Akademik dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris

- Motivasi dan potensi akademik yang diperoleh dari isi Statement of Purpose dan hasil wawancara

Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan dilakukan verifikasi oleh Panitia Seleksi.

Jadwal Penerimaan Program Magister

Gelombang I Sesi 1

Pendaftaran 14 Februari 2022 Jam 12:00 WIB – 11 Maret 2022 pukul 23:59 WIB

Ujian/Wawancara 17-18 Maret 2022

Pengumuman Seleksi 28 Maret 2022

Gelombang I Seksi 2

Pendaftaran 1 April 2022 – 4 Mei 2022

Ujian/Wawancara 12 – 13 Mei 2022

Pengumuman Seleksi 24 Mei 2022

Gelombang I Seksi 3

Pendaftaran 2 Juni 2022 – 4 Juli 2022

Ujian/Wawancara 12 – 15 Juli 2022

Pengumuman Seleksi 22 Juli 2022

Peserta yang lulus seleksi untuk program Magister dan Doktor akan mendapatkan LoA kecuali program Spesialis dan Profesi. Untuk jadwal wawancara online, peserta akan dihubungi langsung oleh program studi. (maya)

Baca juga :

Sea Scholarship 2022 Tawarkan Beasiswa dan Magang di Perusahaan Teknologi Kelas Dunia

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Beasiswa S2 di Dalam Negeri untuk Guru PAUD Hingga SMA, Simak Syaratnya

Ikuti informasi penting setiap hari dari kampus.republika.co.id. Anda juga dapat berpartisipasi mengisi konten, kirimkan tulisan, foto, info grafis, dan video melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image