News

Rektor UIKA Bogor Prof H E Mujahidin  Raih Anugerah Academic Leaders sebagai Rektor Terbaik se-Indonesia 2023  

 

Rektor UIKA Bogor Prof H E Mujahidin (kiri) menerima piala sebagai Rektor Terbaik 2 dari Dirjen Dikti Ristek Prof Nizam, di Nusa Dua, Denpasar, Bali, Selasa (14/11/2023). Foto : diktiristek

Kampus—Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA) Prof H E Mujahidin meraih Anugerah Academic Leaders dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Mujahidin menjadi Pemimpin Perguruan Tinggi (Rektor) pada Perguruan Tinggi dengan akreditasi institusi Baik Sekali. Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Dirjen Dikti Ristek Prof Nizam, di Grand Ballroom Hyatt Hotel Nusa Dua Denpasar Bali, Selasa (14/11/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Anugerah Academic Leaders ini salah satu prakarsa dari Kemendikbudristek untuk menggelorakan dan memperkuat implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka guna menghasilkan SDM Indonesia unggul, berakhlak mulia dan berkepribadian Pancasila. Dihadiri sebanyak kurang lebih 300 peserta, Penganugrahan  Academic Leaders dan Seminar Program Wolrd Class Professor dalam Forum World Scientific Forum of Indonesia (WSFI) Tahun 2023, diharapkan dapat melahirkan kisah-kisah sukses lainnya yang melibatkan kolaborasi antara ilmuwan diaspora Indonesia, akademisi dalam negeri, dan pelaku industri.

Baca Juga: UIN Palembang Raih Akreditasi Unggul, Menyusul UIN Aceh, UIN Malang, dan UIN Yogyakarta

"Alhamdulillah, atas izin  Allah, saya dianugerahi penghargaan Terbaik 2 Tingkat Nasional sebagai Rektor Academic Leader untuk Kategori Perguruan Tinggi Terakreditasi Sangat Baik. Terima kasih atas dukungan semua pihak,” ungkap Mujahidin.

Mujahidin mengucapkan terima kasih kepada yayasan dan para pengurus, Ketua Senat, para WR, para Dekan, para Kepala Lembaga dan keluarga besar UIKA Bogor atas kerjasama yang dijalin.

“Alhamdulilah capaian ini berkat kerja semua civitas yang telah membesarkan UIKA Bogor selama ini, Piala ini saya jadikan juga kado terindah untuk UIKA serta membuktikan pendidikan tinggi di jawa barat sangat pantas diperhitungkan oleh semua pihak,” ucapnya.

Baca Juga: Kampus dengan Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia Versi QS WUR by Subject 2023, Ada Dua Kampus Swasta

Anugerah Academic Leader ini salah satu prakarsa dari Kemendikbudristek untuk menggelorakan dan memperkuat implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Foto : diktiristek

Muhahidin menambahkan, ke depan UIKA akan meningkatkan kolaborasi riset dengan  lembaga-lembaga internasional, brainstorming dan working group riset internasional, serta joint publication of internasional research.

“Kita akan meningkatkan kegiatan pembelajaran internasional seperti internship, pertukaran mahasiswa dan dosen, KKN internasional, hilirisasi hasil riset, dan lainnya,” tuturnya.

Tujuan penyelenggaraan Anugerah Academic Leaders ini adalah untuk memberikan dorongan kepada dosen agar terpacu untuk mengembangkan ide kreatif dalam implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian indikator kinerja utama (IKU) bagi perguruan tinggi.

Baca Juga: 28 PTN Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2024, Referensi Pilihan untuk SNBP dan SNBT

Pertama di Dunia, Kemenag Susun Mushaf Al-Qur'an Bahasa Isyarat 30 Juz

Selain itu, Academic Leaders bertujuan untuk membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersial, ekonomi dan atau sosial budaya secara berkelanjutan melalui kerjasama dengan berbagai pihak, baik di tingkat nasional maupun internasional. (*)

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan melalui e-mail : [email protected]

Kampus Republika partner of @republikaonline
kampus.republika.co.id
Instagram: @kampusrepublika
Twitter: @kampusrepublika
Facebook: Kampus Republika
Email: [email protected]