News

2.411 Mahasiswa dari 106 Perguruan Tinggi Berkompetisi di Pimnas 2023

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas 2023) digelar di Kampus Unpad, Jatinangor, Jawa Barat, 27-30 November 2023. Ilustrasi. Foto : republika

Kampus—Sebanyak 525 kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 106 perguruan tinggi berkompetisi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas 2023). Pimnas ke-36 2023 digelar di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Jatinangor, Jawa Barat, 27-30 November 2023.

Kegiatan ini dihadiri 2.411 mahasiswa. Mereka akan memperebutkan juara di sembilan bidang yang dipertandingkan.

“Ada 106 perguruan tinggi yang hadir di sini dan merepresentasikan Indonesia dari ujung Aceh hingga Papua. Ini merupakan bagian terpenting bagaimana seluruh daerah, seluruh universitas bisa terwakili dalam ajang di tingkat nasional,” kata Staff Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemendikbudristek Tatang Muttaqin saat acara pembukaan di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (27/11/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga: Dosen UI Raih Penghargaan Best Paper Award pada Ajang TMS Award 2024

Tatang mengatakan, bahwa seluruh peserta Pimnas 2023 yang hadir merupakan talenta-talenta terbaik, baik yang berhasil mendapatkan medali maupun yang tidak. Dia menambahkan bahwa nama seluruh peserta akan tercatat di dalam sistem informasi Manajemen Talenta Nasional.

“Karena ini hanya bagian awal, bukan terminal akhir untuk menjadi talenta riset dan inovasi,” jelas Tatang seperti dilansir laman Unpad.

Baca Juga: 15 Universitas Terbaik di Jakarta Versi Webometrics 2023, Binus, Mercu, dan UNJ Peringkat Teratas

Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti mengatakan bahwa Pimnas 2023 ini bisa menjadi ajang persahabatan bagi seluruh mahasiswa peserta Pimnas. Rektor berharap agar mulai hari ini seluruh peserta Pimnas dapat menjalin persahabatan yang kuat antar peserta.

“Kalau persahabatan kuat, karya ilmiah hebat, maka seluruh peserta itu akan menjadi SDM bertalenta dan pemimpin Indonesia unggul di masa depan,” kata Rina.

Baca Juga: 20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi AD Scientific Index 2024, UGM, UTI, dan Undip Teratas

Pimnas 2023 juga diisi Pameran Teknologi dan Inovasi. Kegiatan yang menampilkan 43 teknologi dan inovasi ini digelar di Lapangan Futsal, Bale Santika, Universitas Padjadjaran Kampus Jatinangor, 27-30 November 2023. (*)

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan melalui e-mail : [email protected].