News

Tim Indonesia Raih Tiga Medali di Olimpiade Astronomi Internasional (IOAA 2024)

Anggota Tim Indonesia yang meraih medali di Olimpiade Astronomi Internasional (IOAA 2024). Foto : puspresnas

Kampus—Tim Indonesia meraih tiga medali di ajang Olimpiade Astronomi Internasional atau International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA 2024). Indonesia membawa pulang satu perak dan dua peringgu di kompetisi yang bersung di Vassouras, Rio de Janeiro, Brasil, 18-22 Agsutus 2024 lalu.

Dilansir laman Puspresnas, IOAA 2024 diikuti 233 siswa dari 54 negara. Tim Nasional Indonesia yang terdiri dari lima orang siswa dan dua orang team leader. Medali perak diraih Nathan Gabriel Winoto, siswa kelas XII SMAS Kristen 5 BPK Penabur. Sedangkan medali perunggi diraih bNavaro Nayottama, alumni SMAS Global Prestasi Kota Bekasi, dan Novin Raushan, siswa kelas XI, SMA Kesatuan Bangsa Kab. Bantul, DI Yogyakarta. Dia wakil Indonesia lainnya, Ahmad Fiandra Zain, dari SMAS Pribadi Bandung dan Yoseph Juvintius dari SMAS Darma Yudha belum berhasil meraih medali.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang OSN 2023 Jenjang SMA Bidang Astronomi, Siswa Asal DKI Jakarta Mendominasi

Selama 10 hari, para siswa melalui lima ronde utama yang diperlombakan dalam ajang ini. Kompetisi tim dilaksanakan pada 19 Agustus 2024, dilanjutkan dengan ronde teori pada 20 Agustus 2024. Selanjutnya, ronde pengamatan terbagi menjadi dua bagian yaitu Night Observation pada 21 Agustus 2024 dan Planetarium Round pada 23 Agustus 2024. Kemudian ronde analisis data berlangsung pada 22 Agustus 2024.

Pada ronde teori, siswa bergelut dengan sembilan soal short dan medium serta dua soal long selama lima jam tanpa henti. Sedangkan, pada ronde analisa data, terdapat dua soal yang harus diselesaikan dalam waktu empat jam. Kecerdasan dan ketahanan siswa sangat diuji dalam ronde-ronde tersebut. Pengamatan langit malam pun berhasil dilaksanakan dengan baik berkat kondisi langit yang cerah, sehingga semua siswa berhasil melaksanakan tes dengan baik.

Baca Juga: Tim Indonesia Raih Lima Medali di Olimpiade Astronomi Internasional

Peraih medali perak IOAA 2024, Nathan Gabriel Winoto menyampaikan bahwa ia bersyukur dapat membanggakan nama Indonesia di ajang IOAA. “Pastinya kaget karena bisa membentangkan bendera Indonesia dan membawa pulang medali. Terima kasih kepada Kemendikbudristek dan Puspresnas yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti ajang internasional ini,” katanya.

Bertindak sebagai Team Leader Tim Nasional IOAA Indonesia adalah Dr Hakim L Malasan dan Dr Anton Timur Jaelani dari Kelompok Keahlian Astronomi, FMIPA, Institut Teknologi Bandung. “Tahun ini IOAA diikuti oleh 54 negara serta tingkat kesulitan soal yang semakin meningkat dan menantang. Hasil ini sudah diberikan maksimal oleh para siswa,” jelas Hakim.(*)