Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ Segera Dibuka, Yuk Intip Syaratnya

Info Kampus  
Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri 17 Mei hingga 1 Juli 2022. Foto : penmaba.unj.ac.id
Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri 17 Mei hingga 1 Juli 2022. Foto : penmaba.unj.ac.id

Kampus—Universitas Negeri Jakarta (UNJ) segera membuka pendaftaranan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri (Penmaba UNJ). Pendaftaran secara online dibuka 17 Mei 2022 hingga 1 Juli 2022.

Siswa yang bisa melakukan pendaftaran adalah lulusan SMA atau yang sederajat tahun 2022, 2021, atau 2020. Program Studi yang dipilih dari Fakultas MIPA atau Rumpun Ilmu Teknik harus dari SMA IPA atau SMK pada jurusan yang linier dengan program studi yang dipilih.

Biaya pendaftaran untuk kelompok ujian Saintek, Soshum adalah Rp 300.000 (Tanpa Uji Keterampilan). Sedangkan biaya pendaftaran Campuran Rp 450.000 (Tanpa Uji Keterampilan). Jika peserta mengikuti ujian keterampilan, biaya ujian keterampilan adalah Rp 300.000 per pilihan prodi keterampilan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut adalah persyaratan lengkap jalur mandiri UNJ tahun 2022.

Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ 2022

1. Siswa SMA atau yang sederajat tahun lulus 2022, 2021, atau 2020

2. Sudah memiliki ijazah/Surat Keterangan Lulus

3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih

4. Program Studi yang dipilih dari Fakultas MIPA atau Rumpun Ilmu Teknik harus dari SMA IPA atau SMK pada jurusan yang linier dengan program studi yang dipilih

Mekanisme dan Jenis Ujian

Daring (Online)

Jenis Ujian

1. IPA

• Tes Potensi Skolastik

• Tes Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

•Tes Kemampuan IPA

2. IPS

• Tes Potensi Skolastik

• Tes Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

• Tes Kemampuan IPS

3. IPC

• Tes Potensi Skolastik

• Tes Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

•Tes Kemampuan IPA dan IPS

Cara Pendaftaran

1. Membuat akun di situs pendaftaran.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Pastikan menggunakan alamat email dan hp yg benar dan aktif karena akan digunakan dalam pendaftaran penmaba ini.

2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah di daftarkan sebelumnya.

3. Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Anda dapat memilih Kelompok : Saintek, Soshum, dan Campuran. Kemudian Anda memilih program studi sesuai dengan yang anda inginkan. terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus Anda bayar. Anda dapat merubah pilihan-pilihan tersebut sampai anda yakin dengan pilihan Anda. Jika anda sudah yakin tekan tombol simpan. Setelah Anda menekan tombol simpan, Anda tidak dapat merubah pilihan program studi, dan masuk ke tahapan selanjutnya.

4. Cetak tagihan. Anda akan diberikan tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat no. Tagihan yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda (cara pembayaran harap di lihat pada “Jadwal dan Cara Pembayaran”). Harap diperhatikan, setelah Anda mencetak tagihan, Anda diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika Anda tidak melakukan pembayaran, Anda diharuskan melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.

5. Unduh dan cetak Tagihan Pembayaran yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.

6. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout (kanan atas).

7. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Tagihan Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda.

8. Masuk ke dalam sistem, login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

9. Isi data diri, orang tua dan sekolah.

• isi nilai rapor dan unggah rapor beserta surat pernyataan keaslian rapor.

• bagi yang memilih program studi seni dan olah raga, unggah dokumen portofolio/keterampilan

10. Mencetak kartu tanda peserta ujian Penmaba UNJ

Biaya Pendaftaran dan Cara Pembayaran 

1. Biaya pendaftaran Saintek atau Soshum Rp 300.000 (Tanpa Uji Keterampilan)

2. Biaya pendaftaran Campuran Rp 450.000 (Tanpa Uji Keterampilan)

3. Biaya ujian keterampilan adalah Rp 300.000 per pilihan prodi keterampilan dengan ketentuan. Apabila peserta memilih lebih dari satu program studi serumpun dalam olahraga, maka biaya uji keterampilan adalah Rp 300.000. Apabila memilih dua program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda maka biaya uji keterampilan adalah Rp 600.000. Apabila memilih tiga program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda, maka biaya uji keterampilan adalah Rp 900.000.

4. Mengacu kepada ketentuan biaya ujian keterampilan, maka biaya pendaftaran peserta yang memilih program studi yang memerlukan ujian keterampilan sama dengan biaya pendaftaran kelompok Saintek, Soshum, dan Campuran ditambah dengan Biaya Ujian Keterampilan yang mengacu pada ketentuan nomor 3.

Cara Pembayaran :

Pembayaran melalui Teller Mandiri , BNI dan BTN.

Jadwal dan Syarat Pendaftaran 

• Pendaftaran : 17 Mei 2022 – 1 Juli 2022

• Uji Coba Ujian : 9 Juli 2022

• Ujian Tulis Penmaba Berbasis Komputer (Daring/ Online) : 16 Juli 2022

• Pengumuman : 22 Juli 2022

• Pengisian Data untuk UKT : 24 – 31 Juli 2022

• Pengumuman UKT : 1 Agustus 2022

• Pembayaran UKT dan Registrasi : 2 – 12 Agustus 2022

• Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa Diploma dan Sarjana : 15 – 19 Agustus 2022

• Awal Perkuliahan : 22 Agustus 2022

Baca juga :

Mau Masuk UNJ di SBMPTN 2022 ? Check Dulu Peluang Prodi Sepi Peminat

Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Lakukan Enam Langkah Ini Agar Sukses di UTBK-SBMPTN 2022

Pengumuman SNMPTN 2022, Prodi Keperawatan Untirta dan Komunikasi UNJ Paling Ketat

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran, melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image