Lakukan Enam Langkah Ini Agar Sukses di UTBK-SBMPTN 2022

Info Kampus  
Agar sukses dalam UTBK-SBMPTN perlu persiapan yang matang. Foto : Republika
Agar sukses dalam UTBK-SBMPTN perlu persiapan yang matang. Foto : Republika

Kampus--Sobat Kampus, pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 resmi ditutup pada Sabtu 16 April 2022. Tentu sobat semua sudah selesai melakukan pendaftaran. Sekarang tinggal mempersiapkan diri menuju ujiannnya.

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) ujian dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama 17 sampai 23 Mei 2022. Sedangkan Gelombang II 28 Mei hingga 3 Juni 2022. Jadi Sobat Kampus hanya punya waktu 32 sampai 49 hari untuk menjalani tes, tergantung pada jadwal yang sudah didapat.

Apa saja yang harus dipersiapkan menjelang ujian sampai hari H ? Agar lolos di UTBK-SBMPTN 2022 nanti ini ada beberapa hal yang perlu Sobat Kampus persiapkan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Belajar Lebih Intensif

Sobat sudah punya jadwal yang pasti menuju UTBK-SBMPTN 2022. Gunakan waktu sebaik-baiknya secara effektif. Belajarlah lebih intensif. Boleh belajar sendiri, les privat atau bimbel. Bagus juga membahas soal-soal yang pernah keluar pada UTBK-SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

2. Antisipasi Lokasi Ujian

Cek lokasi ujian nanti. Jika lokasi UTBK dekat dengan tempat tinggal, tidak terlalu bermasalah. Tapi jika lokasi ujian sobat jauh dari rumah, sudah mulai direncanakan bagaimana mencapainya nanti. Apakah akan menginap di rumah saudara, kenalan, atau menyewa rumah atau hotel ?

Pertimbangkan juga jika memesan hotel jauh hari, karena biasanya hotel-hotel di seputaran lokasi ujian penuh.

3. Siapkan Dokumen UTBK

Dokumen yang mesti disiapkan antara lain, kartu peserta UTBK-SBMPTN 2022, identitas diri berupa KTP atau kartu siswa, dan ijazah yang telah dilegalisir bagi peserta tahun 2021 dan 2020 (gapyear). Jangan sampai ada yang terlewat.

4. Persiapkan Biaya Kuliah

Sobat Kampus sudah harus tahu berapa biaya kuliah di prodi dan PT yang dituju ? Pelajari aturannya. Misanya tata cara pengajuan Uang Kuliah Tetap (UKT). Bisa mulai menyicil menyiapkan dokumen-dokumen untuk pengajuan UKT.

Bicarakan juga dengan orang tua atau penanggung biaya , berapa anggaran yang harus disiapkan jika lulus SBMPTN 2022 nanti.

5. Jaga Kesehatan

Jaga kesehatan fisik dan mental. Jangan sampai pada saat UTBK nanti fisik justeru drop. Bisa berantakan nanti semua perencanaan yang sudah dilakukan.

Kurangi juga aktifitas di luar rumah yang tak perlu. Jangan terlalu memaksa diri juga dalam belajar, apalagi begadang sampai larut malam.

6. Perbanyak Ibadah

Ora et labora kata pepatah Latin. Berdoa dan bekerja. Usaha belajar menghadapi UTBK –SBM{TN 2022 sebaiknya diimbangi juga dengan banyak berdoa. Perbanyak ibadah, mohon pada Yang Maha Kuasa agar dimudahkan, dilancarkan, dan lulus SBMPTN 2022.

Itu tadi yang perlu Sobat Kampus persiapkan menjelang UTBK-SBMPTN 2022. Selamat berjuang sobat. Semoga sukses.

Baca juga :

Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Lima Kebiasaan Sepele yang Membuat HP Jadi Cepat Rusak

Biaya Kuliah di UI Mahal ? Tergantung, Kedokteran Bisa Rp 0 Lho

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image