Mahasiswa UGM Juara 1 Desain Kendaraan Listrik di Ajang Formula-E Jakarta

News  
Empat mahasiswa UGM, Thariq Faros, Leonard Fidelcristo Supit, Muhammad Raihan Hilmy, dan Dasta Muhammad Ghaly yang tergabung dalam Tim Arjuna EV UGM, menjadi juara 1 Desain Kendaraan Listrik di Ajang Formula-E Jakarta. Foto : ugm.ac.id
Empat mahasiswa UGM, Thariq Faros, Leonard Fidelcristo Supit, Muhammad Raihan Hilmy, dan Dasta Muhammad Ghaly yang tergabung dalam Tim Arjuna EV UGM, menjadi juara 1 Desain Kendaraan Listrik di Ajang Formula-E Jakarta. Foto : ugm.ac.id

Kampus—Tim mahasiswa UGM menjadi juara 1 Desain Kendaraan Listrik di Ajang Formula-E Jakarta yang baru lalu. Selain mengadakan Grand Prix Formula-E, lembaga penyelenggara Formula-E Jakarta, Jakpro, turut mengadakan kompetesi desain kendaraan listrik untuk tingkat mahasiswa .

Melalui kompetisi ini, tim mahasiswa UGM pun menunjukkan bahwa mereka mempunyai desain kendaraan listrik terbaik. Mereka berhasil meraih Juara 1 dalam kompetisi berjudul "Sustainable Electric Vehicle Design Competition" tersebut.

Tim mahasiswa UGM yang meraih Juara 1 Desain Kendaraan Listrik merupakan perwakilan dari tim Arjuna EV UGM. Arjuna EV UGM adalah tim perkumpulan mahasiswa UGM yang berasal dari berbagai jurusan untuk bersama-sama melakukan riset, serta mengembangkan kendaraan bertenaga listrik di UGM.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk ajang kompetisi desain kendaraan listrik Formula-E Jakarta 2022, tim Arjuna EV UGM mengirimkan tim kecil beranggotakan empat orang mahasiswa dengan Rachmadi Norcahyo, MT sebagai dosen pembimbing mereka. Keempat mahasiswa tersebut antara lain adalah Thariq Faros Manumono (Teknik Mesin, 2019), Leonard Fidelcristo Supit (Elektronika dan Instrumentasi, 2019), Muhammad Raihan Hilmy (Teknik Mesin, 2019), dan Dasta Muhammad Ghaly (Teknik Mesin 2019).

 

“Mungkin dari kami awalnya tidak menyangka karena waktu dari pengerjaan proposal di awal kami hanya memiliki waktu dua minggu dan itu pun 1 satu minggu-nya terpotong libur lebaran, dan akhirnya kami lembur terus selama 1 minggu penuh setelah libur lebaran namun akhirnya seluruh perjuangan tersebut terbayarkan dan kami berhasil meraih Juara 1,” ungkap Thariq Faros Manumono selaku ketua tim untuk kompetisi desain kendaraan listrik Formula-E Jakarta 2022 seperti dikutip dari laman ugm.ac.id.

Thariq memaparkan, pada kompetisi desain kendaraan listrik Formula-E Jakarta 2022, tim perwakilan Arjuna EV UGM membawa desain kendaraan listrik yang diberi nama ARCANA. Rupa kendaraan listrik ARCANA ini lebih kurang berbentuk mobil listrik bertipe SUV (Sport Utility vehicle) yang memiliki jarak tempuh tinggi dalam satu kali pengecahan baterai. Desain mobil listrik ARCANA ini juga dilengkapi oleh fitur Autonomous SAE Level 3 bernama Arjuna Smart Mobility (ASM), dimana dengan fitur tersebut mobil dapat berkendara secara otomatis di jalan raya.

Desain mobil listrik ARCANA menurutnya juga telah menganut tingkat keamanan berkendara yang tinggi baik secara mechanical maupun electrical sehingga menjamin kenyamanan selama berkendara.

“Pada perlombaan ini kami melakukan desain mobil secara penuh beserta simulasi menggunakan software. Kami juga melakukan berbagai perhitungan dalam mendesain mobil ARCANA. Kami juga merencanakan business plan sehingga apabila nantinya mobil ARCANA akan diproduksi masal rencana secara bisnis sudah terkonsep,” tutur Thoriq.

Baca juga :

Pakar Pariwisata UGM Khawatir Kenaikan Harga Tiket Borobodur akan Turunkan Jumlah Pengunjung

Ini Profil Prof Ova Emilia, Rektor Wanita Kedua UGM

UGM Masuk 10 Besar Dunia Kampus Paling Top di Instagram Versi Emplifi

Pakar UGM : Paparan Sinar Matahari Pengaruhi Suasana Hati

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image