10 Tips Agar Sukses Tembus PTN Melalui Jalur Mandiri

Info Kampus  
Selain melalui SNMPTN dan SBMPTN, PT menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Foto : dok
Selain melalui SNMPTN dan SBMPTN, PT menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Foto : dok

Kampus—Sobat Kampus belum beruntung masuk PTN melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN ? Tak usah kecewa. Lupakan SNMPTN dan SBMPTN. Tetap fokus untuk mengejar impian masuk PTN idaman.

Masih ada satu jalur lagi untuk sukses tembus PTN, yakni jalur mandiri. Jalur mandiri adalah selekksi mandiri yang dilakupan PTN dalam menerima mahasiswa baru. Jalur mandiri ini mempunyai kuota yang cukup besar, yakni sekitar 30 % dari total kuota penerimaan mahasiswa baru di PTN.

Ada bermacam-macam bentuk jalur mandiri yang dipakai PTN untuk menerima mahasiswa baru. Pertama adalah menggunakan skor UTBK. PTN menerima mahasiswa dengan nilai UTBK yang sudah didapat saat mengikuti UTBK-SBMPTN. Ada PTN yang hanya menggunakan nilai UTBK, ada juga yang menggabungkan dengan tes atau prestasi lain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yang kedua adalah jalur mandiri dengan prestasi. Prestasi ini bisa prestasi akademik atau nonakademik semisal olahraga, seni, hafalan Ayat Suci, OSIS, dan pramuka.

Yang ketiga adalah jalur mandiri melalui tes tertulis yang diselenggarakan PTN yang bersangkutan. Tes tertulis ini ada yang diadakan secara online, ada juga yang secara online.

Lalu bagaimana agar Sobat Kampus bisa sukses tembus PTN melalui jalur mandiri ? Berikut tips yang bisa Sobat Kampus ikuti.

Baca juga : Buat Pejuang PTN, Ini 20 Kampus yang Masih Membuka Jalur Mandiri Ujian Tertulis

Berikutnya : 1. Jaga Semangat

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image