Apa itu NISN, Apa Gunanya, dan Bagaimana Cara Mengeceknya ?

Sekolah  
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. Foto : kemdikbud
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. Foto : kemdikbud

Kampus—Sobat Kampus yang masih duduk di bangku sekolah sudah punya NISN ? Sudah tahu apa gunanya NISN ? Lalu bagaimana cara mengecek NISN?

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. Kode pengenal NISN ini dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Dikutip dari IG @pustekkom_kemdikbud, NISN diberikan kepada setiap siswa yang bersekolah di Satuan Pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain sebagai pengenal identitas siswa, NISN juga digunakan sebagai atribut integrasi dalam penyelenggaraan program pendidikan bagi peserta didik.

Penggunaan NISN untuk

• Bantuan Operasional Sekolah

• Bantuan Operasional Pendidikan

• Program Indonesia Pintar

• Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

• dan Program Pemerintah lainnya.

NISN diterbitkan oleh Pusdatin Kemendikbudristek secara otomatis melalui sistem, selama identitas peserta didik yang direkam pada aplikasi Dapodik sesuai dengan yang tercatat di Data Induk Kependudukan. NISN dan identitas peserta didik juga bisa diperbaiki oleh operator satuan pendidikan melalui laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id atau bisa menghubungi nomor 177 untuk pusat layanan informasi dan bantuan pelayanan satu pintu Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbudristek.

Berikutnya : Karakteristik NISN

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image