Jangan Asal Memilih PTS, Ini Tips Memilih PTS yang Berkualitas dan Terjangkau

Info Kampus  
Banyak PTS punya kualitas bagus sebagai pilihan bagi calon mahasiswa. Ilustrasi. Foto :dok
Banyak PTS punya kualitas bagus sebagai pilihan bagi calon mahasiswa. Ilustrasi. Foto :dok

Kampus—Jika Sobat Kampus belum beruntung menembus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SNMPTN, SBMPTN, atau jalur mandiri, tak perlu terlalu risau. Bukan sobat sendiri yang belum bisa masuk PTN. Lebih banyak calon mahasiswa yang tidak diterima dibandingkan yang diterima di PTN setiap tahunnya.

Jika tidak diterima di PTN, pilihannya adalah masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) atau menunda kuliah tahun depan (gap year). Jika sobat memilih PTS, tak perlu khawatir. Kualitas PTS tak kalah dengan PTN. Bahkan banyak di antaranya lebih bagus. Karena itu banyak juga calon mahasiswa yang masuk PTS bukan karena tidak diterima di PTN, tapi dari awal memang memilih PTS, bukan PTN.

Lulusan PTS juga tak kalah hebat dengan PTN. Banyak PTS yang lulusannya lebih gampang terserap di dunia kerja. Banyak juga lulusannya yang sukses di bidang masing-masing melebihi PTN. Kesukesan Sobat Kampus bukan semata karena sobat kuliah di PTN atau PTS, semua tergantung sobat semua.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Data Badan Statistik Indonesia tahun 2022 menyebutkan jumlah PTS di Indonesia mencapai 2.990 buah. Bagaimana memilih dari sekian banyak PTS itu dengan kualitas bagus, biaya terjangkau, dan cocok untuk Sobat Kampus ? Ikuti tipsnya.

1. Perhatikan Akreditasi Kampus dan Prodi

Sobat Kampus jangan asal mendaftar ke PTS. Pilihlah PTS yang berkualitas. Salah satu ukuran kualitas PTS adalah akreditasi.

Setiap perguruan tinggi, apakah itu PTN atau PTS mempunyai akreditasi. Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) kelayakan dan mutu perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Bentuk penilaian mutu eksternal yang lain adalah penilaian yang berkaitan dengan akuntabilitas, pemberian izin, pemberian lisensi oleh badan tertentu.

Lembaga yang berhak melakukan penilaian akreditasi tersebut adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Peringkat akreditasi Perguruan tinggi adalah Unggul, Baik Sekali, Baik, atau Tidak Terkareditasi. Pilihlah PTS yang sudah terakreditasi. Minimal akreditasi Baik.

Selain akreditasi kampus, Sobat Kampus bisa melihat akreditasi prodi atau jurusan di tiap kampusnya. Bisa saja akreditasi kampusnya Baik Sekali, tapi prodi yang sobat ambil masih belum terakreditasi. Untuk mengecek akreditasi kampus ini, Sobat Kampus bisa melihatnya di laman resmi BAN-PT.

Berikutnya : 2. Keunggulan dan Reputasi PTS

Baca juga :

Ini 10 PTS Terbaik Versi WSUR 2022

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image