Festival PAI untuk Siswa SMA dan SMK Segera Digelar, Ini yang Dilombakan

Sekolah  
Kementerian Agama menggelar Festival Pendidikan Agama Islam (PAI) 1 September 4 November 2022. Foto : kemenag.go.id  
Kementerian Agama menggelar Festival Pendidikan Agama Islam (PAI) 1 September 4 November 2022. Foto : kemenag.go.id

Kampus—Kementerian Agama segera menggelar Festival Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa SMA dan SMK tahun 2022. Direktur PAI Amrullah mengatakan, festival ini digelar sebagai sarana aktualisasi diri peserta didik SMA dan SMK sesuai bakat minat yang mereka.

“Festival PAI tahun 2022 juga kami desain sebagai media penguatan nilai-nilai moderasi beragama,” kata Amrullah di Jakarta, Jumat (09/09/22).

Menurut Amrullah Kegiatan Festival PAI SMA dan SMK berlangsung 1 September hingga 4 November 2022. Lomba yang dikompetisikan meliputi Debat Isu Islam Kontemporer (Islamic Trending Issue Debate Competition), Cipta Konten Islami di Media Sosial (Islamic Content Creator Challange on Social Media), dan Proyek Inovasi Moderasi Beragama (Moderasi Beragama Innovation Project).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Pendaftaran peserta kami buka mulai 1 – 14 September 2022,” sebut Amrullah.

Kepada para peserta yang telah mendaftar, Direktorat PAI akan memberikan Coaching dan Mentoring. Proses ini akan dilaksanakan pada 16-17 September 2022. “Setelah mengikuti Coaching dan Mentoring, peserta akan diminta mengirimkan karya terbaiknya dari 19 September-10 Oktober 2022,” ujar Amrullah.

“Proses penilaian dan penyisihan dilaksanakan pada 13 - 15 Oktober 2022. Sedangkan babak final dijadwal pada 2 sampai 4 November 2022.

Kasubdit PAI pada SMA/SMALB/SMK Abdullah Faqih menambahkan, pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui https://belajaragama.id. Setiap peserta harus melakukan tiga kali registrasi: daftar festival untuk mendapatkan ID Peserta, daftar coaching dan mentoring Moderasi Beragama dan Bakat Minat, dan daftar lomba untuk mendaftarkan karya yang akan diperlombakan.

Cara pendaftaran Festival PAI. Foto : kemenag.go.id
Cara pendaftaran Festival PAI. Foto : kemenag.go.id

Berkenaan dengan coaching dan mentoring, Abdullah Faqih yang juga penanggung jawab festival mengatakan bahwa ini merupakan syarat wajib bagi setiap peserta yang ingin mengikuti lomba.

"Setiap peserta wajib mengikuti coaching dan mentoring tentang moderasi beragama dan pengembangan bakat minat. Pelaksanaannya secara synchronous dan asynchronous. Setelah memperoleh sertifikat, peserta yang ingin melanjutkan ke tahapan lomba diperkenankan mendaftar sesuai jenis lomba yang diminati," terang Faqih.

Sasaran peserta Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 adalah peserta didik SMA dan SMK di seluruh Indonesia. Informasi lebih rinci terkait syarat peserta, tahapan pelaksanaan, dan mekanisme lomba Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 dapat diakses melalui laman https://pendis.kemenag.go.id/pai/berita-675-festival-pai-sma-dan-smk-tahun-2022.html.

Baca juga :

Cek Pengumuman Hasil Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten/Kota di Laman ksm.kemenag.go.id

Kemenag Gelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022, Simak Jadwalnya

Mantaap, 98 Persen Siswa MAN 1 Banda Aceh Lulus PTN dan PTKIN

Hebat, 96 Persen Siswa MAN 13 Jakarta Diterima di PTN dan PTKIN

Siswa MTsN 3 Tuban Raih Emas di Ajang Master Sains Competition Point 4.0 Nasional

Keren...Salwa Putri, Siswa MAN Insan Cendekia Pasuruan Juara Kompetisi Karya Seni Internasional

30 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia , Salah Satunya Sekolah Ranking 1 Nasional

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image