Rebut 11 Medali, MAN 2 Kota Malang Kembali Jadi Sekolah Peraih Medali Terbanyak OSN Tingkat Nasional

Sekolah  
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang menjadi pengumpul medali terbanyak di Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA/MA tahun 2022 dengan meraih 11 medali. Foto : kemenag.go.id
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang menjadi pengumpul medali terbanyak di Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA/MA tahun 2022 dengan meraih 11 medali. Foto : kemenag.go.id

Kampus—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang berhasil merebut 11 medali pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA/MA tahun 2022. Prestasi ini kembali menempatkan MAN 2 Kota Malang sebagai sekolah peraih medali terbanyak pada OSN.

Pemenang OSN tingkat nasional ini diumumkan pada Jumat, 7 Oktober 2022, oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek selaku penyelenggara melalui live youtube. OSN tingkat nasional digelar 3-7 Oktober 2022 secara daring.

"Alhamdulillah, MAN 2 Kota Malang kembali unjuk prestasi di OSN 2022. Sebanyak 11 medali diraih para siswa," terang Ketua Program Olimpiade MAN 2 Kota Malang, Wulaida Zuhriana, di Kota Malang, Sabtu (08/10/22) seperti dirilis laman kemenag.go.id.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga : Ini Juara OSN Tingkat Nasional 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Ekonomi, Cek dari Sekolahmu

Wulaida merinci, 11 medali yang diraih tim OSN 2022 MAN 2 Kota Malang terdiri atas 1 medali emas, 8 medali perak, dan 2 medali perunggu. "Capaian ini kembali menempatkan MAN 2 Kota Malang sebagai sekolah peraih medali terbanyak pada OSN," jelasnya.

Kepala MAN 2 Kota Malang, Mohammad Husnan bersyukur atas prestasi yang diraih siswanya. Ia mengaku bangga MAN 2 Kota Malang berhasil meraih 11 medali sekaligus menjadi sekolah peraih medali terbanyak.

"Kontribusi 11 medali MAN 2 Kota Malang turut mengantarkan Jawa Timur sebagai juara umum lagi tahun ini," sambungnya.

Baca juga : Pemenang OSN Tingkat Nasional Tahun 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Matematika, Ada dari Sekolahmu ?

Tahun ini peserta OSN-K mencapai 230.562 peserta, Mereka kemudian diseleksi kembali menjadi 19.650 peserta untuk bersaing di OSN-P. Dari 19.650 peserta diseleksi kembali menjadi 900 peserta untuk mengikuti OSN.

Capaian tersebut, kata Husnan, tidak luput dari dukungan penuh Komite MAN 2 Kota Malang yang selalu memberikan pendampingan selama proses persiapan, pemusatan latihan, hingga pelaksanaan kompetisi. Peran para alumni MAN 2 Kota Malang yang juga pernah meraih medali juga besar. Mereka secara intensif ikut membina adik-adiknya dalam persiapan dan lomba-lomba olimpiade.

"Kepada pengurus komite dan para alumni, serta pembina tim Olimpiade, saya sampaikan terima kasih," ujar Husnan.

Dia berharap, prestasi ini menjadi motivasi dan syiar yang baik, tidak hanya bagi MAN 2 Kota Malang tapi juga bagi madrasah lain, serta keluarga besar Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. "Mewakili keluarga besar madrasah saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi khususnya kepada seluruh Tim Olimpiade MAN 2 Kota Malang," ucapnya.

Baca juga : Pemenang OSN Tingkat Nasional Tahun 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Kimia, Banten dan Jabar Mendominasi

Waka Humas dan Kerjasama, Ahmad Thohir Yoga, menambahkan bahwa raihan jumlah medali tim OSN 2022 tersebut lebih banyak dari tahun sebelumnya. Ketika dinobatkan sebagai juara umum tahun 2021, MAN 2 Kota Malang membawa pulang 8 medali dengan rincian 4 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

"Alhamdulillah meskipun jumlah medali emas tahun ini turun, tapi secara keseluruhan tim OSN MAN 2 Kota Malang membawa pulang lebih banyak medali," papar Yoga.

"Raihan tersebut menobatkan MAN 2 Kota Malang sebagai sekolah peraih medali terbanyak se-Indonesia selama 5 tahun terakhir secara berturut-turut. Tentu ini juga menjadi penyemangat tim yang sudah berjuang dengan sangat gigih membawa nama harum madrasah," pungkasnya.

Berikut nya : Daftar nama siswa MAN 2 Kota Malang peraih medali OSN 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image