Alumni Unpad Diundang Lanjutkan Kuliah dengan Beasiswa, Apa Syaratnya ?

Beasiswa  
Universitas Padjadjaran menawarkan alumninya untuk melanjutkan studi S2 dan S3 melalui Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja.Foto : republika
Universitas Padjadjaran menawarkan alumninya untuk melanjutkan studi S2 dan S3 melalui Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja.Foto : republika

Kampus—Ada khabar gembira untuk alumni Universitas Padjadjaran (Unpad). Pihak kampus mengundang alumni untuk melanjutkan studi ke jenjang Magister atau Doktor melalui program Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja.

Kepala Kantor SMUP Unpad Anas, PhD, mengatakan, program SMUP Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja merupakan apresiasi dan penghargaan bagi para alumni Unpad untuk bisa secara langsung melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Alumni akan diundang fakultas masing-masing untuk melanjutkan studi sesuai jenjang pendidikan terakhirnya di Unpad.

“Peserta itu nanti diusulkan untuk dipertimbangkan melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Rekomendasi dari fakultas masing-masing,” ungkap Anas seperti dikutip laman unpad.ac.id Rabu (12/10/22).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Anas menjelaskan, secara teknis, fakultas akan menghubungi alumni, baik melalui surat elektronik (email) ataupun nomor seluler, untuk menawarkan kesempatan menempuh pendidikan lanjutan ke Unpad. Jika lulusan Sarjana akan diundang untuk melanjutkan studi ke program Magister, sedangkan lulusan Magister akan diundang untuk melanjutkan studi ke program Doktor.

“Alumni yang mendapat undangan dan tertarik mengikuti SMUP akan diminta menghubungi fakultas kembali untuk mendapat rekomendasi dari Dekan. Hal ini menjadi salah satu dokumen yang wajib dilampirkan saat melakukan pendaftaran,” terang Anas.

Lebih lanjut Anas mengatakan, calon peserta SMUP Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja melakukan pendaftaran dan melengkapi dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan program SMUP reguler. Hanya saja, calon peserta SMUP Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja tidak perlu mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI).

“Peserta yang diundang sudah kami akui kompetensinya, sehingga tidak perlu ada TKA dan TKBI,” jelas Anas.

Pada intinya, jelasnya, program ini memberi kesempatan kepada alumni terpilih, baik yang lulus dalam dua tahun terakhir atau lebih dari dua tahun, untuk kembali menimba ilmu di Unpad sehingga akan memberikan manfaat lebih di tempat mereka berkiprah. Anas mengatakan, batas akhir pengumpulan data pendaftaran Program SMUP Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja akan ditutup pada 22 Desember mendatang.

“Jika sudah ada undangan, hubungi fakultas sehingga bisa mendapatkan rekomedasi. Jangan lupa mendaftar di sistem pendaftaran SMUP dengan melampirkan semua persyaratan yang diperlukan. Untuk scan dokumen, silakan scan dari dokumen asli, jangan dari dokumen fotokopi,” kata Anas.

Berikutnya : Persyaratan Program SMUP Jalur Alumni Beprestasi dan Berkinerja

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image