20 November Hari Anak Sedunia, Mengapa Dirayakan ?

Serba Serbi  
Tanggal 20 November setiap tahun diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Foto : pxhere
Tanggal 20 November setiap tahun diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Foto : pxhere

Kampus—Setiap tanggal 20 November dirayakan sebagai Hari Anak Sedunia. Hari Anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada tahun 1954 untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak.

Dikutip dari laman resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tanggal 20 November adalah tanggal penting karena pada tanggal itu pada tahun 1959 Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak Anak. Pada tanggal itu pula pada tahun 1989 Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Sejak tahun 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan tanggal Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tema Hari Anak Sedunia tahun 2022 adalah Inclusion, for every child. United Nations International Children's Emergency Fund (Unicef) menyebutkan Hari Anak Sedunia tahun ini menekankan pentingnya bagi dunia untuk mendengarkan ide dan permintaan anak-anak dan remaja.

PBB berharap setiap ibu dan ayah, guru, perawat dan dokter, pemimpin pemerintah dan aktivis masyarakat sipil, tetua agama dan komunitas, tokoh perusahaan dan profesional media, serta kaum muda dan anak-anak itu sendiri, memainkan peran penting dalam menjadikan Hari Anak Sedunia relevan bagi kehidupan mereka. masyarakat, komunitas dan bangsa.

“Hari Anak Sedunia memberi kita masing-masing titik masuk inspirasional untuk mengadvokasi, mempromosikan, dan merayakan hak-hak anak, menerjemahkannya ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak,” demikian pesan di laman resmi PBB terkait dengan Hari Anak Sedunia.

Baca juga :

Dosen Unesa Ciptakan Pustakanesa, Aplikasi e-Book Pertama untuk Anak SD dan Disabilitas

Apa Itu Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang Diduga Jadi Penyebab Gagal Ginjal Akut Anak ?

Apa Itu Hari Guru Sedunia yang Dirayakan Tiap Tanggal 5 Oktober ?

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image