Apa Itu Hari Guru Sedunia yang Dirayakan Tiap Tanggal 5 Oktober ?

Serba Serbi  
Setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia (World Teachers Day) sebagai bentuk dukungan kepada profesi guru. Foto : republika  
Setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia (World Teachers Day) sebagai bentuk dukungan kepada profesi guru. Foto : republika

Kampus—Sobat Kampus, sudah tahu tanggal 5 Oktober setiap tahun diperingati sebagai Hari Guru Sedunia (World Teachers Day) ? Peringatan ini berbeda dengan Hari Guru di Indonesia yang diperingati setiap 25 November.

Apa itu Hari Guru Sedunia ? Hari Guru Sedunia pertama kali dideklarasikan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) atau pada tahun 1994. Ketika itu dilaksanakan konferensi antarpemerintah khusus yang diselenggarakan oleh UNESCO di Paris mengadopsi Rekomendasi UNESCO/ILO tentang Status Guru, bekerja sama dengan ILO.

Menurut UNESCO Hari Guru Sedunia adalah hari untuk merayakan bagaimana guru mengubah pendidikan dan juga merefleksikan dukungan kepada guru untuk bisa menjalankan profesinya. Kegiatan ini untuk memperingati peringatan adopsi Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang Status Guru, yang menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, dan standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar-mengajar.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tujuan diperingati Hari Guru Sedunia adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru.

Setiap tahun, Hari Guru Sedunia dirayakan dengan tema tertentu. Tahun ini tema Hari Guru Sedunia 2022 adalah “Transformasi Pendidikan Dimulai Dari Guru”. Perayaan Hari Guru Sedunia 2022 difokuskan pada komitmen dan seruan aksi yang baru-baru ini dibahas dalam 'Transforming Education Summit 2022' yang diadakan pada bulan September.

Peringatan Hari Guru Sedunia diisi dengan acara lokakarya, dan seminar pendidikan yang diadakan secara global . UNESCO juga mengadakan acara Hari Guru Sedunia pada 5 Oktober 2022 di Paris (10:00 hingga 11:30 waktu setempat, GMT+2).

(K-01)

Baca juga :

Seleksi Guru ASN P3K Tahun 2022 Segera Dibuka, Guru Honorer Siap-Siap Ikut

Kemenag Gelar Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tahun 2022, Ini Syaratnya

Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan 2022 Dibuka, Ini Syaratnya

Kemdikbudristek dan LPDP Luncurkan Beasiswa untuk Guru Pendidikan Khusus

Kemdikbudristek Buka Pendaftaran Calon Reviewer Dewan Pendidikan Tinggi

Kemdikbudristek dan LPDP Luncurkan Beasiswa untuk Guru Pendidikan Khusus

Kemenag Kukuhkan 17 Guru Besar Baru. Ini Daftarnnya

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image