Pemenang Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) 2022, Politeknik Negeri Ujung Pandang Juara Umum

Info Kampus  
Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) tahun 2022 digelar di Universitas Tarumanegara (Untar) 17-20 November 2022. Foto : pupresnas
Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) tahun 2022 digelar di Universitas Tarumanegara (Untar) 17-20 November 2022. Foto : pupresnas

Kampus—Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) keluar sebagai juara umum Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) tahun 2022. Kegiatan yang digelar di Universitas Tarumanegara (Untar) 17-20 November 2022 itu ditutup Ahad (20/11/22).

Seluruh finalis telah menunjukkan karya prototype bangunan gedung dengan tema “Bangunan Gedung Tahan Gempa Berinovasi Material untuk Pengembangan Metropolitan Menyongsong Era Pasca Pandemi.” Bangunan gedung dibuat terdiri dari delapan lantai yang bertujuan untuk mengakomodasi sekaligus mengenalkan kebutuhan akan hunian vertikal (bangunan gedung apartemen.

Model bangunan gedung yang dikompetisikan adalah berskala 1:50 untuk Struktur Baja dan Struktur Beton Pracetak. Siaran pers puspresnas menyebutkan, material struktural model bangunan gedung delapan lantai ditetapkan menggunakan baja dan beton pracetak dengan sistem rangka terbuka (open frame) yang meliputi komponen struktural seperti balok dan kolom dengan dinding penutup dari kertas karton (bukan pengaku rangka terbuka), pelat lantai menggunakan triplek, dan diberikan finishing untuk tujuan penilaian secara arsitektural dan estetika.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rangkaian prototype gedung yang telah dibuat diuji dengan menggunakan meja getar (shaking table) dengan tujuan simulasi ground motion akibat gempa bumi agar lebih mendekati kejadian gempa yang sesungguhnya.

Setelah melewati seluruh rangkaian penilaian, dewan juri menetapkan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) sebagai juara umum ajang KBGI tahun ini. PNUP memperoleh juara 1 Klasifikasi Model Bangunan Bertingkat Baja dan dua kategori khusus.

Berikutnya : Daftar Juara KBGI 2022

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image