1 Desember Hari AIDS Sedunia, Apa Itu AIDS ? Apa Bedanya dengan HIV ?

Serba Serbi  
Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Foto : hiv.gov
Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Foto : hiv.gov

Kampus—Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Peringatan Hari AIDS Sedunia yang dilaksanakan sejak tahun 1988 itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran tentang AIDS.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) banyak dikaitkan dengan HIV. Bahkan penyebutannya pun sering disatukan menjadi HIV/AIDS. Apa itu AIDS ? Apa bedanya AIDS dengan HIV ?

Dirangkum dari laman who.org dan yankes.kemenkes.org, AIDS adalah sekumpulan gejala yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan infeksi oleh HIV. AIDS adalah tahap HIV yang paling serius, dan seiring waktu dapat menyebabkan kematian. HIV (Human Immunodeficiency Virus.) adalah virus penyebab AIDS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

HIV dan AIDS bukanlah hal yang sama. Orang dengan HIV tidak selalu mengidap AIDS.

Virus HIV merusak sel-sel tertentu dalam sistem kekebalan tubuh. Ketika HIV merusak sistem kekebalan, maka seseorang lebih mudah untuk menjadi sangat sakit dan bahkan meninggal karena infeksi yang biasanya dapat dilawan oleh tubuhnya.HIV dibawa dalam air mani, cairan vagina, lendir anus, darah, dan air susu ibu. Virus masuk ke tubuh seseorang melalui luka atau luka di kulit, dan melalui selaput lendir (seperti bagian dalam vagina, rektum, dan pembukaan penis).

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan, hingga Juni 2022, total pengidap HIV di Indonesia mencapai 519.158 orang.WHO mencanangkan strategi sektor kesehatan global tahun 2022–2030 tentang HIV yang bertujuan untuk mengurangi infeksi HIV dari 1,5 juta pada tahun 2020 menjadi 335 ribu pada tahun 2030. Sedangkan angka, kematian dari 680 ribu pada tahun 2020 menjadi di bawah 240 ribu pada tahun 2030.

Baca juga :

Survei : Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memilliki Masalah Kesehatan Mental

Mengenal Diri Sendiri Penting untuk Menjaga Kesehatan Mental

Ini Manfaat Penting Susu Menurut Pakar IPB

Ingin Menurunkan Berat Badan ? Ikuti Lima Langkah Diet yang Aman dan Sehat dari Ahli Gizi UGM

Mahasiswa UGM Ciptakan Tongkat Pintar Deteksi Kesehatan, untuk Bantu Lansia dan Tunanetra

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image