Tim Robotik Madrasah Sulsel Raih Lima Medali Emas Dalam Ajang Internasional di Malaysia

Sekolah  
Tim Robotik Madrasah dari Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih prestasi gemilang dalam kompetisi internasional di Universitas Tekhnologi Malaysia (UTM) Kuala Lumpur, Malaysia. Foto : pendis kemenag
Tim Robotik Madrasah dari Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih prestasi gemilang dalam kompetisi internasional di Universitas Tekhnologi Malaysia (UTM) Kuala Lumpur, Malaysia. Foto : pendis kemenag

Kampus—Tim Robotik Madrasah dari Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih lima medali emas, empat perak, dan satu perunggu ajang kontes robot Internasional di Kuala Lumpur, Malaysia. Tim Robotik Madrasah asal Sulsel terdiri dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Makassar, dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kabupaten Jeneponto.

Ketiga madrasah kebanggaan asal Sulsel tersebut berlaga pada ajang yang diselenggarakan oleh International Robotic Training and Competition di Universitas Tekhnologi Malaysia (UTM) Kuala Lumpur, Malaysia. Kegiatan digelar 29 November hingga 1 Desember 2022. Ajang ini diikuti 12 negara yakni India, Kamboja, Pakistan, Thailand, Vietnam, Laos, Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Ketua Tim Robotik MAN 2 Makassar Dedi Rimanto seperti dilansir laman Pendis Kemenag, mengungkapkan, dalam ajang tersebut Tim Robotik MAN 2 Kota Makassar ini berhasil memboyong tiga juara pada tiga kategori yang diikuti. Yaitu juara pertama pada kategori Line Follower, juara kedua pada kategori Soccer Lot, dan juara 2 pada kategori Sumo Lot.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tim Robotik MAN 2 Kota Makassar terdiri dari tiga tim. Tim 1 terdiri dari Fayyadh Ats Tsaqib Marawan, Muhammad Rifa Aydin Mufri, dan Nabila Salsabila Taslim. Tim 2 terdiri dari Muh Satria Ramadhana, Salzabila Putri Fauziyyah, dan Marsha Rea Putri Rania. Sedangkan Tim 3 beranggotakan Andi Muh Chaerul Putra Syarkawu, Zahir Muhammad Adin, dan Nur Insaniah Zahirah Darwis.

 

Tim Robotik MTsN 1 Kota Makassar berhasil meraih juara 1 Kategori Sumo IoT 500 gram.Kategori ini diikuti oleh Tim 1 yang terdiri dari Andi Muhammad Anugrah Sulaiman, Muhammad Rifky Aditya, dan Misbah Fauzi A Lopa

Tim 2 yang beranggotakan Muhammad Adli Fayruz, Muhammad Fadel Anugrah, dan Muhammad Abyan Dzaki Harun meraih juara 1 Kategori Soccer. Sedangkan Tim 3 yang menjadi juara 2 Sumo IoT 1 Kg, terdiri dari Ananda Suci Muliani, Aimee Aleesha Asysyura, dan Reina Trisaputri.

Tim Robotik MTsN 2 Kabupaten Jeneponto yang dipimpin oleh Kepala Madrasahnya Hj Nuraedah Irfan, sukses meraih empat medali dari empat kategori. Yakni juara 1 kategori Analog Best Strategy, juara 1 Kategori Open Sumo, juara 2 kategori Sumo Best Point, dan juara 3 Kategori Analog Junior Best Point.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel H Khaeroni mengatakan pencapaian ini sungguh luar biasa. Prestasi itu membukyikan madrasah tidak kalah dengan sekolah umum.

“Hal ini semakin membuktikan bahwa siswa madrasah itu hebat, bermartabat, dan semakin keren. Selamat buat anak anakku yang sukses mengharumkan nama Madrasah dan Kemenag Sulsel di kancah Internasional,’’ kata Khaeroni.



Baca juga :

180 Tim Lolos ke Grand Final Kompetisi Robotik Madrasah 2022

Mahasiswa UIN Walisongo Ciptakan Qibla Box, Alat Penentu Arah Kiblat Robotik

Madrasah Raih 28 Penghargaan LKIR dan National Young Inventors Award BRIN 2022, Ini Daftarnya

Mantaap, 98 Persen Siswa MAN 1 Banda Aceh Lulus PTN dan PTKIN

Hebat, 96 Persen Siswa MAN 13 Jakarta Diterima di PTN dan PTKIN

30 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia , Salah Satunya Sekolah Ranking 1 Nasional

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image