Ini Jadwal Resmi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Jalur Prestasi SPAN-PTKIN 2023

Info Kampus  
Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKIN) secara nasional diikuti oleh 59 UIN/IAIN/STAIN. Foto : span-ptkin
Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKIN) secara nasional diikuti oleh 59 UIN/IAIN/STAIN. Foto : span-ptkin

Kampus—Seleksi masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTIN) sudah diluncurkan. Ada dua jalur seleksi yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk (UM-PTKIN).

SPAN-PTKIN 2023 diikuti oleh 59 UIN/IAIN/STAIN. SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik. Seleksi dilakukan berasarkan prestasi, mirip dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Kemdikbudristek. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

Calon peserta SPAN-PTKIN 2023 berasal dari MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga : Cari Informasi Seleksi Masuk PTKIN 2023 ? Ini Akun Medsos SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN]

 

Jadwal Seleksi SPAN-PTKIN 2023

Pengisian PDSS 17 Januari - 13 Februari 2023

Verifikasi PDSS 17 Januari - 13 Februari 2023

Pendaftaran (siswa) 16 Februari - 4 Maret 2023

Pengumuman Hasil Seleksi 3 April 2023

Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi Ditetapkan di masing-masing PTKIN



Ketentuan Umum dan Persyaratan SPAN-PTKIN 2023

Ketentuan Umum

a. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

b. Satuan Pendidikan yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

c. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah masing-masing.



Persyaratan Siswa Pelamar SPAN-PTKIN 2023

a. Siswa Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2023.

b. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.

c. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

d. Memiliki nilai rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1 yang telah diisikan di PDSS.

Informasi mengenai pendaftaran SPAN-PTKIN dapat diperoleh di laman https://span.ptkin.ac.id/.



Baca juga :

SPAN dan UM PTKIN Diluncurkan Hari Ini, Disiarkan Langsung di Youtube

Jalur Prestasi Masuk PTN Islam Melalui SPAN-PTKIN Dibuka, Ini Syarat Lengkapnya

Hebat, 96 Persen Siswa MAN 13 Jakarta Diterima di PTN dan PTKIN

30 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia , Salah Satunya Sekolah Ranking 1 Nasional

Mantaap, 98 Persen Siswa MAN 1 Banda Aceh Lulus PTN dan PTKIN

Alhamdulillah, Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Tahfizh Al Quran

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected]co.id (Marketing)

× Image