Sekolah

Indonesia Raih Dua Perak dan Dua Perunggu di OIimpiade Kimia Internasional 2023

Empat siswa Indonesia yang meraih medali di Olimpiade Kimia Internasional atau International Chemistry Olympiad (IChO) ke-55  yang digelar Zurich, Swiss, 16-25 Juli 2023. Foto :puspresnas  
Empat siswa Indonesia yang meraih medali di Olimpiade Kimia Internasional atau International Chemistry Olympiad (IChO) ke-55 yang digelar Zurich, Swiss, 16-25 Juli 2023. Foto :puspresnas

Kampus—Tim Indonesia meraih dua perak dan dua perunggu di ajang Olimpiade Kimia Internasional atau International Chemistry Olympiad (IChO) ke-55 di Zurich, Swiss. Dalam ajang yang digalr 16-25 Juli 2023 itu Indonesia diwakili oleh empat siswa yang semuanya meraih medali.

IChO adalah kompetisi kimia untuk siswa di tingkat sekolah menengah. IChO 2023 diikuti 348 peserta dari 89 negara.

Dua medali perak diraih oleh dua siswa, yaitu Kevin Lius Bong dari SMAK Petra 1 Surabaya dan Abraham Abednego Lincoln dari SMAS 1 Kristen BPK Penabur Jakarta. Sedangkan dua medali perunggu didapat oleh Muhammad Ezra Sarliviano dari MAN Insan Cendekia Serpong dan Muhammad Adyan Dafi dari SMA Cahaya Rancamaya Bogor.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga :

Tim Olimpiade Fisika Raih Dua Perak, Satu Perunggu, dan Dua Honourable Mentions di IPhO 2023 | kampus (republika.co.id)

Secepatnya Bergabung, Kartu Prakerja Gelombang 58 Sudah Dibuka Hari Ini | kampus (republika.co.id)

Kompetisi IChO terdiri dari dua bagian yaitu bagian pertama, kompetisi praktis (ekperimental) dan bagian kedua, kompetisi teoritis. Kevin Luis Bong mengatakan ia sangat bersyukur bisa mendapat medali perak dalam ajang IChO. Kevin juga menyampaikan komitmennya untuk mengabdi kepada Indonesia setelah menyelesaikan studinya di luar negeri.

“Puji Tuhan saya dapat mendapatkan medali perak tahun ini. Target saya ke depannya apa yang saya dapatkan di jurusan Teknik Kimia National University of Singapore semoga nantinya bisa bermanfaat dan membantu Indonesia,” katanya.

Selama mengikuti IChO, siswa Indonesia juga didampingi oleh Tim Pembina yaitu Deana Wahyuningrum, Fainan Failamani, dan Irma Mulyani dari Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Institut Teknologi Bandung (FMIPA-ITB).

Deana Wahyuningrum mengatakan Tim Olimpiade Kimia Indonesia akan melakukan evaluasi atas prestasi yang diraih di IChO 2023. Selain itu juga menyiapkan mekanisme pembinaan yang lebih baik agar Indonesia dapat mempersembahkan medali emas IChO 2024 yang akan digelar di Riyadh, Arab Saudi.

“Mudah-mudahan anak-anak kita selanjutnya bisa terus berprestasi lebih baik dan meraih medali emas di IChO pada tahun depan yang akan dilaksanakan di Riyadh, Arab Saudi. Tentu saja kita harus mengevaluasi bagaimana mekanisme dan teknik pembinaan terutama dalam mengasah keterampilan anak-anak melakukan eksperimen di laboratorium,” kata Deana.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Hendarman menyampaikan bahwa keempat peraih medali, sudah mendapatkan perguruan tinggi. Dua diantaranya adalah penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yaitu Muhammad Ezra Sarliviano di University of Toronto jurusan Material Science dan Abraham Abednego Lincoln di Nanyang Technological University jurusan Material Engineering. Sedangkan dua siswa lainnya yaitu Kevin Luis Bong telah mendapatkan Beasiswa ASEAN dari Pemerintah Singapura di National University of Singapore jurusan Chemical Engineering dan Muhammad Adyan Dafi diterima di Universitas Indonesia pada jurusan Teknik Kimia melalui Seleksi Jalur Prestasi (SJP).

Hendarman menyampaikan bahwa orang tua dari para siswa penerima beasiswa di luar negeri tersebut mengharapkan anak-anaknya kembali dan mengabdi kepada Indonesia.

“Mereka berpesan kepada anak-anaknya agar ke depannya Indonesia harus diperbaiki,” kata Hendarman.


Baca juga :

Pemenang OSN Tingkat Nasional Tahun 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Kimia, Banten dan Jabar Mendominasi | kampus (republika.co.id)

Keren, Tim Indonesia Raih Empat Medali di Olimpiade Biologi Internasional

Tujuh PTN yang Masih Buka Pendaftaran Jalur Mandiri Sampai Akhir Juli | kampus (republika.co.id)

Buruan Masih Dibuka Nih, Jalur Mandiri Nilai Rapor Universitas Brawijaya Gelombang II | kampus (republika.co.id)

Tim Olimpiade Matematika Indonesia Raih 1 Perak, 3 Perunggu, dan 2 Honourable Mentions di IMO ke-64 | kampus (republika.co.id)

Pemenang Olimpiade Biologi Internasional Dapat Beasiswa ke University of California Amerika Serikat

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui komen di bawah ini atau e-mail : kampus.republika@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news