News

Tim Indonesia Raih Empat Medali di Olimpiade Informatika Internasional 2024 di Mesir

Tim Indonesia yang meraih prestasi di Olimpiade Informatika Internasional di Mesir. Foto : puspresnas

Kampus—Tim Indonessia meraih empat medali di Olimpiade Informatika Internasional atau International Olympiad in Informatics (IOI) 2024. Ajang itu digelar di Alexandria, Mesir, 1 sampai 8 September 2024.

Medali yang dibawa pulang tim Indonesia terdiri dari tiga medali perak dan satu medali perunggu. Tiga medali perak berhasil diraih Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta, Aufan Ahmad Mumtaza dari SMA Al Irsyad Satya Padalarang, dan Kelven Nathanael dari SMAK St. Louis 1 Surabaya. Sedangkan untuk medali perunggu dibawa pulang oleh Gunadi Gani dari SMAS 1 Kristen BPK Penabur Jakarta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dilansir laman puspresnas, IOI adalah olimpiade sains terbesar kedua setelah International Mathematical Olympiad (IMO) dalam hal jumlah negara yang berpartisipasi. Setiap negara mengirimkan satu tim yang terdiri dari 4 peserta, 1 team leader, 1 deputy leader, dan bisa juga undangan tambahan lainnya. Acara utama IOI terdiri dari dua hari pemrograman/coding komputer dan penyelesaian masalah terkait algoritmik.

Selama jalannya IOI 2024, para siswa didampingi oleh Tim Pembina yaitu, Ammar Fathin Sabili dari Universitas Indonesia dan Vio Albert Ferdinand dari Universitas Bina Nusantara.

Sebelum berkompetisi, Kemendikbudristek melalui Puspresnas telah memberikan fasilitasi berupa pembinaan sebanyak tiga tahap. Pembinaan tersebut diikuti oleh para pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Informatika tahun 2023 dengan tujuan menjaring wakil Indonesia di ajang IOI ke-36.

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Maria Veronica Irene Herdjiono, mengapresiasi setinggi-tingginya atas raihan prestasi delegasi Indonesia di ajang IOI 2024. “Selamat atas prestasi yang diraih oleh adik-adik. Semoga melalui ajang IOI ini adik-adik mendapatkan pengalaman berharga untuk kedepannya,” tuturnya pada kesempatan terpisah, Senin (09/09/2024).

Prestasi ini mengulang prestasi Tim Indonesia pada tahun 2023 lalu. Dalam kompetisi IOUI yang digelar di Szeged, Hungaria, 8 Agustus sampai 4 September 2023 empat siswa Indonesia juga berhasil meraih tiga medali perak dan satu perunggu.
Saat itu, tiga medali perak diraih Vannes Wijaya dari SMAN 8 Pekanbaru, Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta, dan Albert Ariel Putra dari SMA Kristen Petra 4 Surabaya. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Joel Gunawan yang berasal dari SMAS Kristen Gloria 2 Surabaya. (*)