Ini Tips Menghindari Berita Hoax

Serba Serbi  
Dengan adanya internet, hoax menjadi mudah menyebar. Perlu tips agar tidak termakan infomasi palsu. Foto : ABC News
Dengan adanya internet, hoax menjadi mudah menyebar. Perlu tips agar tidak termakan infomasi palsu. Foto : ABC News

Di jaman digital ini informasi memang gampang banget diperoleh. Semua berita dan informasi bisa kita peroleh dengan gampang di internet. Tapi, karena kemudahan ini juga, informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” juga cepat menyebar. Seringkali, berita atau info palsu yang beredar bikin kita was-was atau terpancing emosi. Padahal, semuanya belum tentu benar.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghindari berita hoax:

1. Cek sumber informasi/ berita

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yang pertama, ini wajib banget dilakukan. Sebelum menelan informasi yang diterima, coba cek dulu sumber beritanya. Terutama, jika tersebar lewat grup Whatssapp. Wajib ditelaah dulu, sumber berita dan informasinya dari mana. Kalau tidak ada sumbernya sih, diskip aja!

2. Cek kelengkapan informasi

Sering terjadi nih. Sebuah informasi viral, kemudian memicu perdebatan. Padahal yang tersebar itu cuma 'sepotong' alias informasinya kurang lengkap. Jadi, ada baiknya kalau dapat informasi yang memantik emosi atau provokatif, ditelusuri lagi. Apakah beritanya sudah lengkap atau hanya potongan saja.

3. Jangan termakan judul

Sebelum baca berita, pasti kita baca judulnya dulu. Bisa dibilang judul itu seperti pintu masuk ya. Wajar saja banyak berita yang menggunakan judul clickbait untuk memancing rasa penasaran pembaca. Tapi, tidak jarang judul itu tidak sesuai dengan isi artikelnya. Jadi, kalau lihat judul yang kelihatannya agak aneh atau terlalu berlebihan, coba dibaca dulu isi artikelnya ya sebelum dikonsumsi informasinya. Setidaknya kesimpulan yang diperoleh pembaca bisa lebih berimbang.

4. Periksa keaslian foto atau video

Saat ini tidak hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video. Ada kalanya pembuat hoax juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca. Cek dulu keaslian foto dengan cara sederhana. Coba drag-and-drop foto ke kolom pencarian Google Images, maka hasil pencarian akan menampilkan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.

5. Perhatikan tanggal artikelnya

Ini juga wajib dilakukan ya. Kadang, ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang entah dengan tujuan apa, tiba-tiba mengunggah lagi berita jadul dan menjadi viral di dunia maya. Sebelum membaca beritanya, cek dan perhatikan lagi tanggal artikelnya ya.

6. Jangan asal share

Hoax gampang banget beredar karena seringkali orang begitu dapat info, langsung share ke orang-orang terdekatnya tanpa repot-repot cek kebenarannya. Nah, sebelum membagikan kembali, coba dilihat dulu kebenaran beritanya. Cek di Google atau cari referensi berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda, atau sudah ada informasi yang menyatakan kebenaran berita tersebut.

Ayo lebih cerdas dan bijak dalam mengkonsumsi informasi. Jangan sampai ada yang termakan informasi palsu yang dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab, ya !

(Rida Intan Martiwulan)

Baca juga :

Keadilan di Media Sosial

Kisah Dosen Indonesia Karantina Covid-19 di AS (Bag 1) Mau ke Jakarta Terdampar di New York

Ini 65 Universitas Dunia Tujuan Beasiswa IISMA 2022 Kemendikbud, Mahasiswa Silakan Merapat

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image