Lima Provinsi Dapat Afirmasi Penerimaan STAN 2022, Ini Kuota dan Cara Pendaftarannya

Info Kampus  
Syarat   Khusus Program Afirmasi

Syarat   Khusus Program Afirmasi

•Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.

• Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:

1) telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2) memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan

 

3) mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

Tata Cara Pendaftaran STAN 2022

Peserta melakukan registrasi dengan tahapan sebagai berikut:

• mengakses portal SSCASN Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id;

• membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) kemudian mencetak Kartu Informasi Akun;

login ke SSCASN Sekolah Kedinasan (https://dikdin.bkn.go.id) menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

• memilih sekolah kedinasan PKN STAN, memilih program reguler atau afirmasi, melengkapi biodata, nomor UTBK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan isian lainnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan antara lain:

Bagi Peserta Program Reguler:

• Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg);

• KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg);

• Kartu Peserta UTBK (ukuran maksimal 500 Kb dan format .pdf)

• Rapor SMA (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) bagi calon lulusan tahun 2022 (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf); atau Ijazah SMA bagi lulusan tahun 2021 atau sebelumnya (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf); dan

• Kartu Keluarga (ukuran maksimal 700 Kb dan format .pdf)

Bagi Peserta Program Afirmasi:

• Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg);

• KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg);

• Kartu Peserta UTBK (ukuran maksimal 500 Kb dan format .pdf)

• Rapor SMA (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) bagi calon lulusan tahun 2022 (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf); atau Ijazah SMA bagi lulusan tahun 2021 atau sebelumnya (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf);

• Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa (ukuran maksimal 700 Kb dan format .pdf

• Peserta Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat mengunggah tambahan dokumen antara lain:Surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Papua dan Papua Barat. Formulir surat keterangan dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormPesertaADEMSPMBPKNSTAN.

Peserta Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur mengunggah tambahan dokumen antara lain:

• Ijazah SD dan Ijazah SMP;

• Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung; dan

• Surat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat. Formulir surat rekomendasi dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormRekomendasiAfirmasiSPMBPKNSTAN.

• Melakukan reviu atas resume dan mencetak Kartu Pendaftaran;

logout dari portal https://dikdin.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id.

Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Dalam hal peseta terdaftar pada lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

Peserta mengisi formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:

• login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal https://dikdin.bkn.go.id;

• mengisi data pilihan program studi;

• mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online; dan

• mengunci data

Jadwal Kegiatan Seleksi STAN 2022

• 1. 9 – 30 April 2022 Pendaftaran online di portal https://dikdin.bkn.go.id

• 2. 16 April – 6 Mei 2022 Pendaftaran online di portal https://spmb.pknstan.ac.id

• 3. 24 Juni 2022 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

• 4. 24 – 26 Juni 2022 Pembayaran Biaya Pendaftaran SPMB

• 5. 28 Juni 2022*) Pengumuman Jadwal dan Lokasi SKD

• 6. 30 Juni – 5 Juli 2022*) Pelaksanaan SKD

• 7. 13 Juli 2022 Pengumuman Hasil SKD serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi)

• 8. 18 – 22 Juli 2022 Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi

• 9. 4 Agustus 2022 Pengumuman Hasil Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi) serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara)

• 10. 8 – 12 Agustus 2022 Tes Wawancara

• 11. 29 Agustus 2022 Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN

• 12. 5 – 9 September 2022 Pendaftaran Ulang

• 13. Akhir September 2022 Mulai pendidikan

Jadwal ini masih bersifat tentatif, menyesuaikan jadwal dari Badan Kepegawaian Negara. Dalam hal dipandang perlu Panitia Pusat dapat melakukan perubahan jadwal kegiatan SPMB PKN STAN. Perubahan jadwal tersebut akan diumumkan dalam pengumuman tersendiri.

Baca juga :

Ini Link dan Kuota Sekolah Kedinasan yang Pendaftarannya Dibuka Sabtu 9 April

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image